Mendagri: Seluruh Unsur Forkopimda Harus Samakan 5 Visi Pembangunan

Tandaseru – Menteri Dalam Negeri Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D mengatakan permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah saat ini tidak lepas dari peran pemerintah daerah.

Oleh karena itu, Kementerian Dalam Negeri sebagai pembina dan pengawas penyelenggaraan pemerintahan di daerah perlu mengajak setiap unsur pemerintah daerah untuk duduk bersama.

Pasalnya, menurut Mendagri, penyelenggaraan pemerintahan di daerah sangat kompleks dan melibatkan berbagai unsur seperti DPRD, TNI, Polri dan Kejaksaan.

“Saya hari ini mengajak semua unsur pemerintah daerah untuk duduk bersama untuk menyamakan 5 Visi Pembangunan,” katanya saat memberikan sambutan Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Pusat dan Forkominda Seluruh Indonesia di SICC, Bogor, Rabu (13/11).

Lima Visi Pembangunan 2020-2024 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo-Wapres KH Ma’ruf Amin, yakni Pembangunan SDM, Pendidikan dan Kesehatan, Pembangunan Infrastruktur, Mempermudah Regulasi Investasi dan Lapangan Kerja serta Reformasi Birokrasi.

“Visi pembangunan harus disamakan, sehingga tercipta pembangunan yang terarah dan berkelanjutan dari pusat sampai ke daerah,” ungkap Tito.

Dia mengatakan Rakornas dihadirkan 35 Menteri dan Kepala Lembaga Negara untuk menyampaikan materi pendukung. “Ada 8 Panel yang menghadirkan 35 Menteri dan Kepala Lembaga Negara. Kami berharap seluruh unsur pemerintah daerah akan mengetahui apa saja yang akan dilakukan secara teknis dengan menteri-menteri terkait,” jelasnya.

Acara dijadwalkan berlangsung satu hari penuh, diharapkan dapat diikuti secara maksimal oleh seluruh unsur pemerintah daerah.

“Seluruh unsur pemerintah daerah kami harapkan mengikuti keseluruhan acara ini dan memberikan masukan terhadap program-program pemerintah sehingga tercipta sinergi yang baik dari pusat sampai daerah,” pungkas Mendagri.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait