FOKUS

Mendagri Tito Karnavian Kenakan Pakaian Adat Minang, Ini Alasannya

Peringatan HUT RI ke-75

JAKARTA (tandaseru) – Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengenakan pakaian adat Sumatera Barat pada Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 di Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8).

Dalam beberapa kali upacara HUT RI di Istana Merdeka, mantan Kapolri ini sering mengenakan berbagai pakaian adat, seperti Papua, Kalimantan, dan Palembang yang merupakan tempat kelahiran Tito Karnavian.

“Istri saya yang memilihkan (pakaian adat). Karena saya sudah ikut beberapa kali upacara HUT RI di Istana dengan berbagai baju adat. Adat kampung saya Palembang sudah, Papua sudah, Kalimantan juga sudah,” ungkapnya.

mendagri tito karnavian

Menurut dia, istrinya Tri Tito Karnavian menyarankan kali ini agar dia mengenakan pakaian adat Minangkabau karena bajunya simpel tapi menarik dan dia lahir di Pulau Sumatera.

“Orang Minang dikenal banyak yang cerdas, religius, pandai berdagang dan perantau yang tangguh. Itu saja,” ujar Tito Karnavian.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 dan pengibaran Sang Saka Merah Putih di Istana Merdeka diikuti secara virtual oleh Mendagri dan jajarannya.

pak bahtiar

Selain Mendagri, pada pejabat Kemendagri yang mengikuti upacara itu juga mengenakan pakaian adat Nusantara pilihan masing-masing untuk menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 kali ini.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait