FOKUS

Mendes PDTT: Gernas BBI Efektif Dongkrak Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA (tandaseru.id) – Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) efektif dilakukan untuk mendongkrak pemulihan ekonomi nasional.

Demikian Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Tak hanya level makro, menurut dia, Gernas BBI juga digeliatkan hingga level mikro yakni desa.

“Jadi Gerakan Nasional BBI selain secara makro, tentu kita juga berupaya semaksimal mungkin di level mikro juga yakni desa,” ujar Mendes PDTT, dikutip dari laman Kemendes PDTT, Senin (11/10).

Abdul Halim mengatakan, gerakan menggunakan produk lokal di level desa telah dilakukan melalui banyak hal, termasuk dalam melakukan pembangunan dari Dana Desa.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur dari Dana Desa wajib menggunakan bahan baku yang tersedia di desa setempat.

“Misalnya membangun irigasi. Batu batanya diusahakan dari lokal desa itu. Selagi bisa dipenuhi dari desa itu, penuhi. Selagi duitnya berputar di desa, ini akan mempercepat pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Abdul Halim mengatakan Gernas BBI akan membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada. UMKM sendiri banyak bergerak di perdesaan yang juga dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).“UMKM akan terus dikembangkan oleh BUMDes dan BUMDes Bersama,” tegasnya.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com