FOKUS

Mengenal Warisan Mahkota Kerajaan Siak, Ini Sejarahnya

Tandaseru – Di awal Kemerdekaan Indonesia, kesultanan Kerajaan Siak Sri Indrapura telah memberikan sumbangsihnya berupa mahkota kerajaan untuk NKRI.

Berdasarkan sejarah, di tahun 1915 – 1949 sultan terakhir Kerajaan Siak Sri Indrapura, Sultan Syarif Kasim II, menyumbangkan mahkotanya yang terbuat dari emas bertahtakan berlian dan uang senilai 13 juta gulden.

Sultan Syarif Kasim II memberikan mahkotanya dengan cuma-cuma kepada Presiden Indonesia pertama  Ir. Soekarno sebagai penegas bahwa Kerajaan Siak bersedia masuk ke dalam bagian NKRI.

Gubernur Riau, Syamsuar bersama Sekda Pemprov Riau Yan Pranajaya berkesempatan datang melihat mahkota tersebut, yang saat ini berada di Museum Nasional di Jakarta, pada Jumat (29/11).

Selama satu jam di ruangan Kepala Museum Nasional, Syamsuar tak ada hentinya berdecak kagum melihat mahkota tersebut.

“Baru pertama kali saya melihat mahkota asli ini. Sungguh luar biasa pengorbanan sultan. Selain menyumbang satu triliun untuk Republik Indonesia, ternyata juga diserahkan mahkotanya di museum ini,” ujar Gubernur Riau didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa masih ada warisan Kerajaan Siak lainnya, seperti keris dan lain-lain. Selain itu, Pemprov Riau juga berencana  menjadikan kebudayaan sebagai payung negeri kepariwisataan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait