FOKUS

Menipu dengan Modus Pemalsuan Website Perusahaan Investasi Broker Saham, 4 Pelaku Diringkus

JAKARTA (tandaseru) – Subdit Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap empat pelaku penipuan dan modus pemalsuan website milik perusahaan investasi broker saham bernama PT. Trimegah Sekurita Indonesia Tbk.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebutkan keempat tersangka berinisial AW (24), ND (29), SB (32), dan MA (31) yang ditangkap pada 5 Desember 2019 di Sulawesi Selatan.

“Tersangka AW merupakan otak dari memegang peranan penting yang dia juga yang mendaftarkan dan membiayai website serta dia yang menyiapkan peralatan-peralatan untuk melakukan penipuan ini,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/1).

Yusri mengungkapkan cara tersangka menipu dengan mengirimkan sms gateway kepada calon korban dan membalas pesan sms atau wa yang ada. Saat ini, sudah ada 6 orang yang menjadi korban dalam kurun waktu 3 bulan.

“Mereka rata-rata memancing korban dengan menjual investasi broker melalui website yang ada dengan harapan korban ini adanya selama 7 hari setelah memasukan dana sekitar Rp 6-20 juta dari korban dan menjanjikan dapat keuntungan 20 persen dalam waktu 7 hari dari dana yang diinvestasikan,” ucapnya.

Selanjutnya, tersangka ND merupakan seorang ahli IT yang membuat website palsu perusahaan tersebut. Selain itu, dia juga turut mengirimkan sms gateway kepada para korbannya.

“Dia ini lulusan SD, belajar dari Internet,” ucap Yusri.

Semetara itu, dua tersangka lainnya berinisial SB dan MA memiliki peran yang sama yakni sama-sama mencari rekening aktif untuk menampung hasil penipuannya.

Atas perbuatannya, para tersangka disangkakan Pasal 35 ayat 1 Jo Pasal 51 Ayat 1 dan/atau Pasal 28 ayat 1 Jo Pasal 45A ayat 1 Undang-Undang nomor 19 tahun 2016 atas perubahan undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait