FOKUS

Wamenkes: GERMAS Harus Dijalankan Oleh Seluruh Rakyat Indonesia.

Jakarta (tandaseru.id)- Saat ini dunia sedang menghadapi beban penyakit ganda, mulai dari penyakit menular seperti tuberculosis, hingga penyakit tidak menular sepeti stroke, kanker dan diabetes, disaat yang sama kita juga sednag bekerja ekstra keras menghadapi wabah covid 19.

Menteri kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, seyogyanya menjadi salah satu keynote speaker pada gelaran Virtual Expo, Nasional Is Me Indonesia Pasti Bisa, namun beliu berhalangan hadir sehingga diwakilkan oleh Dante Saksono Harbuwono (Wakil Menteri Kesehatan RI), Minggu (02/05).

Dalam paparanya beliau menyampaikan bila penyakit yang saat ini sedang menyerang sangat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia, karena, bila sakit seseorang tidak hanya merasakan gejala yang mengganggu, tetapi juga menurunkan produktivitas dalam bekerja, dan berkehidupan sehari-hari.

“Maka penyakit harus dapat dicegah dengan tetap hidup sehat, kita memiliki visi global untuk hidup sehat, di Indonesia visi ini diwujudkan dalam suatu gerakan bersama, yaitu GERMAS. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”, ujarnya.

Gerakan ini tidak hanya dimiliki Kemenkes, tetapi milik seluruh Kementrian, lintas institusi atau lembaga dan bangsa Indonesia, Presiden telah menginstruksikan melalui INPRES No 1 Tahun 2017, agar seluruh masyarakat berperilaku hidup sehat.

Apasaja muatan GERMAS tersebut, yang pertama aktivitas fisik harus meningkat, berolahraga minimal 30 Menit, dilakukan dalam 2 sampai 3 kali seminggu. kedua, berperilaku hidup sehat seperti tidak merokok, ketiga memakan makanan yang sehat dan bergizi. Keempat mencegah dan mendeteksi dini penyakit, periksa tanda atau gejala pada penyakit klinik seperti gula darah, tekanan darah, dan gejala lainya ke fasilitas kesehatan.

Kelima, menjaga kesehatan lingkungan, mengurangi sampah plastik, penggunaan kendaraan ber emisi dan sebagainya, dan keenam, meningkatkan edukasi dan saling mengingatkan agar tetap hidup sehat.

“Terkait dengan pandemi covid-19 sekarang Kemenkes ingin agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Upaya ini harus dilakukan oleh semua masyarakat termasuk mereka yang sudah mendapat bagian vaksin covid, jangan pernah lengah karena covid-19 masih tetap dapat menular sampai kita mendapatkan kekebalan kelompok diseluruh populasi di Indonesia,” pungkasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com