FOKUS

Menko PMK: Pemerintah Masih Pertimbangkan Mahasiswa Kembali ke Wuhan

JAKARTA (tandaseru) – Pemerintah memastikan proses pengembalian 238 warga negara Indonesia (WNI) dari Natuna setelah melewati masa observasi selama 14 hari ke daerah masing-masing berjalan lancar dan semua WNI dalam keadaan sehat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyatakan para WNI yang dipulangkan dalam keadaan sehat bahkan terihat lebih bugar. Oleh karenanya diharapkan keluarga dan juga masyarakat di kampung halaman bisa menerima mereka kembali tanpa ada rasa khawatir.

Sedangkan, untuk sosialisasi selain menjadi tanggung jawab daerah masing-masing juga paling inti merupakan tanggung jawab pribadi para WNI yang telah selesai menjalani observasi.

Mereka harus mampu meyakinkan masyarakat, terutama keluarga bahwa mereka betul-betul sehat. “Tapi insyaallah mereka memang betul-betul sehat karena kita di sini juga menyaksikan bersama dan saya pun memastikan bahwa mereka sehat,” ungkap Menko PMK.

Muhadjir mengaku pemerintah masih akan mempertimbangkan mengenai kelanjutan studi para WNI tersebut yang mayoritas adalah mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan tinggi di Wuhan.

Tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali ke Wuhan setelah wabah berakhir atau melanjutkan studi di Tanah Air dengan sistem transfer kredit.

“Untuk itu kita akan bicarakan lebih lanjut setelah ini selesai. Yang penting ini mereka sudah kembali ke Indonesia dan tenang dulu, biar bersosialisasi dulu,” tukas mantan Mendikbud.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait