FOKUS

Menko Polhukam Minta Kegiatan Intoleran Jelang Natal Diantisipasi Sejak Dini

Tandaseru – Menko Polhukam Mahfud Md meminta agar kegiatan yang bersifat intoleran jelang perayaan Hari Raya Natal 2019 dapat diantisipasi sesegera mungkin agar tidak menimbulkan keresahan.

“Kegiatan masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru berpengaruh pada peningkatan mobilitas masyarakat, yang berpotensi kerawanan kamtibmas. Aksi-aksi ancaman teror, sweeping oleh oknum tertentu, intoleransi antar umat beragama, hingga pembakaran rumah ibadah harus diantisipasi sedini mungkin,” kata Mahfud Md dalam acara Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2019 di Auditorium STIK-PTIK, Jalan Tirtayasa, Jumat (13/12).

Peristiwa teror seperti penusukan eks Menko Polhukam Wiranto di Banten dan serangan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara juga disinggung Mahfud. Hal itu menurutnya turut menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru.

“Beberapa ancaman terorisme sepanjang 2019 seperti penusukan (eks) Menko Polhukam Wiranto dan ledakan bom di Polrestabes Medan menunjukkan bahwa kejadian itu bisa berlaku kapan saja, di mana saja, dengan target yang ditentukan. Untuk itu perlu peningkatan pengamanan seperti tempat ibadah, tempat wisata dan tempat keramaian,” ujar Mahfud.

Kasus gangguan keamanan setahun terakhir, disebut Mahfud, juga mengalami kenaikan dari 2.909 kasus menjadi 4.012 kasus. Namun, Mahfud menuturkan untuk sektor lalu lintas, angka kecelakaan menurun.

“Gangguan kamtibnas sepanjang Natal-Tahun Baru 2018-2019 pada momen perayaan Natal dan Tahun Baru mengalami kenaikan 4.012 kasus, dibanding periode 2017-2018 yang berjumlah 2.909 kasus. Jumlah kecelakaan lalu lintas menurun 30 persen dari 965 jadi 673 kejadian,” jelas Mahfud.

Terkait kesiapan infrastruktur pemerintah untuk menyambut lonjakan volume kendaraan saat libur Natal dan Tahun Baru nanti, Mahfud Md menerangkan beberapa ruas tol dibuka secara fungsional. Tol tersebut antara lain Tol Balikpapapn, Tol Manado dan Tol Elevated Jakarta-Cikampek.

“Kemudian untuk perlancar arus transportasi Natal dan Tahun Baru, pemerintah berencana membuka tol fungsional untuk beberapa ruas. Di antaranya ruas Tol Balikpapan, ruas jalan Tol Manado dan Jakarta-Cikampek elevated,” ucap Mahfud.

Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Kapolri Jenderal Idham Azis sebagai tuan rumah, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menhub Budi Karya Sumadi, Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Kepala Basarnas Marsdya Bagus Puruhito serta perwakilan dari kementerian lainnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait