FOKUS

Menkominfo Baru Bakal Kebut UU Perlindungan Data Pribadi

Tandaseru – Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) sebenarnya sudah masuk ke dalam Prolegnas 2019, namun hingga kini RUU itu justru tak kunjung disahkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) periode 2019-2024, Johnny G Plate, meyakini RUU PDP tersebut bakal disahkan.

“Saya akan berkomunikasi dengan Parlemen untuk mempercepat itu (RUU PDP),” kata Johnny di Jakarta.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan dengan adanya koalisi kebangsaan yang sudah terbangun di parlemen, semua legislasi bisa dipercepat.

“Secara politik, koalisi kebangsaan itu sudah terbangun, koalisi non-kabinet itu sudah terbangun di parlemen. Saya harap dengan terbangunnya koalisi kebangsaan di sana, semua legislasi bisa kita percepat,” sambungnya.

Menilik latar belakang Johnny yang pernah duduk di DPR RI, seharusnya Ia bisa melobi ke DPR. UU ini harus segera dikebut, mengingat perhatian Jokowi terhadap ekonomi digital ke depan sangat besar.

Sekadar informasi, kebutuhan UU Perlindungan Data Pribadi sejalan dengan sejumlah perkembangan aktual, yang terkait erat dengan praktik pengumpulan data pribadi.

Aturan ini dinilai penting untuk memastikan kejelasan mekanisme aduan jika ada dugaan kebocoran dan penyalahgunaan data, termasuk juga pemulihannya.

Mantan Menkominfo, Rudiantara selama lima tahun terakhir telah dua kali melakukan tanda tangan terkait RUU PDP. Di kepemimpinan Johnny, Rudiantara optimistis bahwa RUU PDP takkan ada hambatan lagi untuk disahkan.

“Dia (Johnny) kodratnya memang politisi di Senayan, jadi bisa memuluskan supaya UU PDP ini bisa jalan,” kata Rudiantara.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com