FOKUS

Menlu AS Bakal Tur Asia Selatan Galang Kekuatan Lawan China

WASHINGTON (Tandaseru) – Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Mike Pompeo berencana mengunjungi sejumlah negara di Asia Selatan dan Tenggara hingga India.

Pompeo mengusung misi memperkuat aliansi dengan negara Asia menghadapi intimidasi China.

Pompeo akan memulai kunjungan di Asia Selatan pekan depan. Selain India, Pompeo dijadwalkan akan bertamu ke Sri Lanka dan Maladewa. Pompeo juga dijadwalkan akan berada di Indonesia untuk mengadakan pertemuan dengan sejumlah pejabat kementerian.

Kunjungan bilateral ini jadi yang terakhir sebelum pemilihan Presiden AS pada 3 November mendatang.

Selama di Asia Selatan dan Indonesia, Pompeo akan melaksanakan sejumlah agenda bilateral, termasuk menyamakan sikap terkait sengketa Laut China Selatan dan wilayah perbatasan.

“Kami mencoba memperkuat hubungan penting dengan kawan dan rekan kami, menegaskan komitmen kami mengenai Indo-Pasifik dan meningkatkan visi kami menjaga hubungan jangka panjang dan kesejahteraan wilayah itu,” kata Deputi Kemlu AS, Dean Thompson dikutip dari Reuters, Jumat (23/10).

Washington telah meningkatkan tekanan diplomatik terhada China. Presiden Donald Trump telah menjadikan Beijing bagian penting dari isu yang diangkat dalam kampanye untuk melanjutkan periode kedua.

Awal bulan ini, Pompeo memimpin pertemuan para menteri luar negeri dari India, Jepang dan Australia di Tokyo. Hasil pertemuan itu menelurkan aliansi The Quad yang memiliki kesamaan visi meredam dominasi China di kawasan Indo-Pasifik.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com