FOKUS

MiG-41. Hantu Rusia Pemburu Pesawat Intai

 

MOSKOW (tandaseru) – PAK-DP (Prospective Aviation Complex of Long-Range Interception) atau lebih dikenal dengan sebutan MiG-41 adalah pesawat pencegat siluman dan pesawat tempur berat yang sedang dikembangkan oleh Biro Desain Mikoyan and Gurevich (MiG).

Pesawat tempur Rusia generasi ke-6 ini akan dilengkapi dengan laser anti-rudal dan dapat beroperasi di ketinggian yang sangat tinggi, bahkan di dekat ruang angkasa yakni pada level antara langit stratopause dan tropopause, yaitu di bawah 45.000 m dan di atas 12.000 m.

Dalam misinya, MiG-41 akan digunakan memburu dan menjatuhkan pesawat intai berawak/tak berawak berkecepatan tinggi serta rudal jelajah hipersonik. MiG-41 juga dapat melakukan serangan darat dengan melepaskan rudal jelajah hipersonik.

Penerbangan perdana MiG-41 sendiri baru akan dilaksanakan setelah tahun 2020. Ditargerkan pesawat akan mulai diproduksi terbatas pada tahun 2025.

MiG-41 nantinya akan menggantikan peran 250 pesawat pencegat MiG-31 Foxhound yang saat ini beroperasi di Angkatan Udara Rusia. Rencananya MiG-31 akan dipensiunkan pada 2028.

Selain membuat pesawat siluman pencegat versi berawak, kabarnya Biro Desain Mikoyan juga sedang mempertimbangkan untuk membuat versi tak berawak.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com