FOKUS

Bugar Saat Social Distancing, Minum Herbal Penangkal COVID-19 Aja!

JAKARTA (tandaseru) – Mungkin Anda pernah dengar jahe atau kunyit bisa sembuhkan COVID-19. Sebenarnya ada minuman herbal penangkal COVID-19, agar tak masuk ke tubuh!

Ternyata herbal yang dikatakan bisa menyembuhkan COVID-19 belum sepenuhnya terbukti secara klinis. Sementara jika mengonsumsi herbal untuk kebugaran tubuh, masih bisa dibenarkan.

Sport Nutritionist & Disease Prevention, Emilia Achmadi, MS., RDN., mengungkapkan, masyarakat perlu tahu jika herbal belum terbukti secara klinis mampu menyembuhkan penyakit.

Hal tersebut telah disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dalam situs resminya, di mana pengobatan tradisional mungkin bisa meringankan gejala COVID-19, tapi belum ada penelitian yang menunjukkan pengobatan tersebut bisa menyembuhkan COVID-19.

Minuman herbal penangkal COVID-19!

Meski begitu, bukan berarti herbal tidak ada manfaatnya, pasalnya herbal bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tak mudah terinfeksi virus penyebab penyakit seperti virus corona.

Lebih lanjut Emilia menjelaskan, Indonesia punya beragam herbal yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, di antaranya adalah curcumin (kunyit dan temulawak), jahe, daun kelor, meniran, dan jinten hitam.

Curcumin punya zat aktif kurkuminoid yang berguna sebagai anti virus dan imunomodulator. Meniran mengandung zat aktif flavonoid yang bisa mengoptimalkan fungsi imun.

Sedangkan daun kelor, kaya akan vitamin dan mineral untuk meningkatkan imunitas, serta mampu melawan infeksi virus sekaligus bakteri.

Memang khasiat dan manfaat dari herbal tak dapat dirasakan secara instan, tapi butuh waktu agar diproses oleh tubuh secara alami.

Maka, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi herbal secara rutin dan teratur, terutama saat wabah COVID-19 seperti ini.

Selain itu, agar khasiatnya terjaga, mengolah herbal harus dengan baik dan benar. Pengolahan yang tidak tepat, bisa menurunkan bahkan menghilangkan zat-zat aktif bermanfaat di dalamnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait