FOKUS

Misteri Tanda Bom Baru di F-35B Lightning II Korps Marinir AS

Tandaseru – Kamis (7/11) akun twitter @DLAMNscw merilis dua buah foto yang menampilkan sejumlah pesawat F-35B Lightning II STOVL milik Marine Fighter Attack Squadron 211 (VMFA-211) memakai tanda bom baru. F-35B tersebut terlihat mengambil bagian dalam pertunjukan udara MCAS Miramar yang berlangsung akhir September lalu.

Skuadron VMFA-211 yang ditugaskan di Unit Ekspedisi Marinir ke-13, diketahui meluncurkan misi tempur pertama kali tahun lalu. Serangan misil jarak jauh itu menyasar target pemberontak di Provinsi Kandahar, Afghanistan.

Pesawat F-35B tersebut diluncurkan dari kapal serbu amfibi Angkatan Laut AS, USS Essex (LHD-2) di stasiun di Teluk Persia., Menariknya, setelah kembali ke MCAS (Stasiun Udara Korps Marinir) Yuma, Arizona, dari tur tempur mereka di Timur Tengah, beberapa F-35Bs, termasuk contoh terkenal 169415 / CF-00, dari Skuadron Serang Tempur Marinir 211 (VMFA- 211) “Wake Island Avengers”, terlihat memakai tanda bom baru.

Tanda-tanda baru ini menunjukkan bahwa Marinir Lightnings telah terlibat di banyak pertempuran selama penempatan mereka.

Tanda-tanda bom yang terletak pada pintu roda pendaratan depan tampaknya menunjukkan dua jenis PGM (Precision Guided Munitions) yang berbeda. Bom Pemandu Laser LGU GBU-12 500-lb di baris atas, dan GBU-32 JDAM di baris bawah.

Lockheed Martin F-35 Lightning II adalah pesawat tempur multirole generasi kelima yang dirancang untuk misi serangan darat dan superioritas udara. Pesawat tempur siluman ini dibangun oleh Lockheed Martin dan banyak subkontraktor, termasuk Northrop Grumman, Pratt & Whitney, dan BAE System.

F-35 memiliki tiga model utama, yaitu F-35A (CTOL) lepas landas dan pendaratan konvensional, F-35B (STOVL) yang dapat lepas landas dari landasan pendek serta melakukan pendaratan vertikal, dan F-35C yang dioperasikan dari kapal induk.

Nama resmi Lightning II terbukti tidak populer dikalangan pilot Angkatan Udara Amerika Serikat, mereka lebih suka menjulukinya Panther.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait