FOKUS

Muhammad Tito Karnavian Dinilai Layak Jabat Mendagri

Tandaseru – Pengamat terorisme dan intelijen Stanislaus Riyanta menilai Muhammad Tito Karnavian merupakan sosok yang layak menduduki posisi menteri dalam negeri.

Dia menyatakan di tengah menguatnya isu organisasi kemasyarakatan (ormas) radikal maupun radikalisme di kalangan aparat sipil negara (ASN), Muhammad Tito Karnavian merupakan sosok yang tepat untuk mengisi posisi Mendagri.

“Pak Jokowi memilih Tito Karnavian jadi Mendagri, tentu itu sebuah keputusan yang sangat tepat,” kata Stanislaus Riyanta kepada media di Jakarta, Selasa (22/10).

Tito Karnavian dipanggil Presiden Jokowi pada Senin (21/10). Tito yang berseragam Polri masih hadir di Istana didampingi Kepala Divisi Humas Irjen M Iqbal serta sejumlah pejabat Polri. Tito mengaku tidak tahu alasan dirinya dipanggil Presiden.

Tito Karnavian kemudian langsung diberhentikan dari jabatan Kapolri dan Anggota Polri oleh Presiden Joko Widodo. Surat Jokowi juga sdh disetuji oleh DPR RI.

Seperti diketahui, salah satu wewenang Kementerian Dalam Negeri adalah memberikan izin ataupun tidak memberikan izin kepada organisasi kemasyarakatan (ormas).

Sesuai aturan, Kemendagri berwenang mengeluarkan izin Surat Keterangan Terdaftar (SKT) organisasi kemasyarakatan. Ormas yang tak mengantungi SKT berarti ormas ilegal.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait