FOKUS

Napi yang Kabur dari Lapas Tangerang Sempat Beli Rokok dan Pulang ke Rumah

JAKARTA (tandaseru) – Polda Metro Jaya bersama pihak Lapas Klas I Tangerang masih memburu narapidana (napi) kasus narkoba yang kabur bernama Chai Changpan alias Chai Ji Fan. Dalam pelariannya, napi tersebut sempat membeli rokok dan pulang ke rumahnya di kawasan Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan awalnya pihak lapas baru mengetahui ada napi yang kabur setelah Chai Changpan kabur selama 11 jam.

“Memang ada indikasi pada saat pelarian itukan ada 11 jam baru diketahui oleh pihak lapas, dari mulai dia melarikan diri terekam CCTV, itu baru 11 jam diketahui oleh petugas lapas,” kata Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa (29/9).

Setelah itu, kata Yusri, dari pemeriksaan saksi-saksi yang berada di sekitar lapas tersebut, napi kasus narkoba tersebut sempat membeli rokok di sebuah warung.

“Kemudian kita lakukan pemeriksaan terhadap istri yang bersangkutan dan keluarganya, karena memang jeda waktu dia melarikan diri sekitar 4-5 jam itu dia sudah sampai di kediamannya di daerah Tenjo, Bogor. Dia sempat mampir ke rumahnya,” jelasnya.

Saat ini, tim dari Polda Metro Jaya bersama pihak Lapas telah dibentuk dan masih berusaha mengejar napi yang kini belum diketahui keberadaannya tersebut.

“Masih kita dalami terus, tim masih melakukan pengejaran, InsyaAllah secepatnya kita tangkap yang bersangkutan ini,” ungkap Yusri.

Seperti diketahui, seorang narapidana narkotika sekaligus WN China, Chai Changpan berhasil kabur dari Lapas Tangerang. Dia kabur pada Senin (14/9) yang lalu.

Setelah diselidiki, ternyata napi itu melarikan diri dengan cara menggali lubang dari sel menuju ke luar lapas. Ditemukan pula barang bukti seperti obeng hingga besi yang diduga digunakan tersangka untuk menggali tanah.

Dari hasil pemeriksaan teman satu selnya, Chai Chanpan sudah merencanakan pelariannya tersebut semenjaka enam bulan terakhir.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait