FOKUS

Nasional Is Me: Aman di Internet

JAKARTA (tandaseru.id)- Online Talkshow Nasional Is Me kembali digelar secara live di Radio Persada dan Heartline 100.6 FM Karawaci, serta Youtube Heartline Network, dengan mengangkat tema Aman di Internet, Senin (18/10).

Menghadirkan narasumber utama Oktora Irahadi (Kepala Bidang Strategi  Komunikasi Siberkreasi (CEO Infina) dan seperti biasa Frans Nickolas dan Yohana Elizabeth bertindak sebagai host acara.

Dunia digital berkembang begitu pesat yang mempengaruhi teknologi komunikasi. Perkembangan ini tentu membawa perubahan pada budaya komunikasi di tengah masyarakat Indonesia.

Mengutip hasil survei APJII pada Tahun 2020 ada 196,71 juta pengguna internet di Indonesia atau sekitar 73,7% dari total penduduk. Dunia digital memberikan apapun yang kita mau, namun kecanggihan itu bila tidak dibarengi dengan nilai budaya dan karakter maka semua itu sia sia.

istimewa

Oktora mengatakan, media sosial bak pedang bermata dua, yang bisa kita gunakan untuk menebar manfaat ataupun ujaran kebencian.

“Kita acap kali over sharing, misalnya setelah vaksin kita mengunggah sertifikatnya ke media sosial, padahal secara tidak langsung kita telah menyebarkan data diri kita pada orang lain, dan itu bahaya sekali,” ujar Oktora.

Kita harus benar-benar pikirkan apakah yang kita share dapat menyebabkan ujaran kebencian, dan menyinggung perasaan orang lain atau tidak.

Sharing yang penting, bukan yang penting sharing, boleh menggunakan wi-fi gratis tapi harus yang otentik, gunakan aplikasi original, karena ketika kita menginput data diri ujungnya adalah duit, ada yang diinginkan dari kita, hati hati,” pungkas Oktora.

 

.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com