FOKUS

Pahlawan Spesies, Diego Si Kura-Kura Penghasil Ratusan Keturunan

JAKARTA (tandaseru) – Diego, si kura-kura raksasa diklaim playboy, karena memiliki kehidupan seksual tinggi. Namun hal ini dianggap baik dan bermisi mulia dalam menyelamatkan spesiesnya dari kepunahan.

Diego, kura-kura raksasa penyelamat spesies ini,  dikabarkan akan pulang ke rumah aslinya di Pulau Espanola, Republika Dominika, setelah hampir 8 dekade hidup di penangkaran.

Pada tahun 1970, Diego yang memiliki nama ilmiah Chelonoidis Hoodesis, masuk dalam program konservasi penyelamatan kura-kura dengan tersisa sekitar 12 betina dan 2 jantan yang hidup di Espanola.

Peneliti mengambil Diego dan dipindahkan ke kebun binatang San Diego di California, AS. Mengingat jumlahnya yang sangat sedikit, mereka tampaknya kesulitan untuk berkembang biak di wilayah tersebut.

Faktanya, Diego merupakan seekor jantan yang sangat produktif, ia memiliki libido yang sangat tinggi, sehingga mampu menghasilkan bayi jauh lebih banyak dari pejantan lainnya, sekitar 800 keturunan.

“Sekitar 1.800 kura-kura dikembalikan ke Espanola, dan sekarang dengan reproduksi alami, kami memiliki sekitar 2.000 kura-kura,” ujar Jorge Carrion, Direktur Layanan Taman Nasional Galangpagos, kepada AFP.

Layaknya kebanyakan hewan lainnya, penurunan kura-kura Espanola di Kepulauan Galapagos dikarenakan ulah manusia sendiri.

Diketahui, dahulu para perampok, pelaut, dan bajak laut yang ada di wilayah tersebut memakan segala sesuatu yang dirasa enak, termasuk kura-kura.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait