FOKUS

Pakai Robot Polisi! Cara Tunisia Kontrol Warga Saat Lockdown

JAKARTA (tandaseru) – Dalam kondisi pandemi Covid-19, Tunisia punya cara unik untuk menegakkan lockdown, yakni dengan menggunkan robot polisi untuk berpatroli di jalanan ibukota Tunis.

Guna memerangi Covid-19, Kementerian Dalam Negeri Tunisia mengerahkan robot polisi untuk mengontrol warga dalam mematuhi kebijakan lockdown yang telah diambil.

Bahkan pemerintah Tunisia telah menetapkan jam malam sejak 17 Maret lalu, dan menetapkan lockdown sejak 22 Maret.

Warga Tunisia harus tetap tinggal di rumah sejak pukul 18.00 hingga 06.00 waktu setempat dan hanya boleh meninggalkan rumah di siang hari untuk membeli obat dan kebutuhan penting lainnya. Di Tunisia sebanyak 114 orang tewas dan 455 orang positif terinfeksi virus corona.

Dikutip dari Cnet, Selasa (7/4) Robot bernama PGuard yang beroda empat ini dikembangkan oleh Enova Robotics yang ada di Tunisia.

Anis Sahbani, yang menciptakan robot polisi itu, mengatakan bahwa PGuard pertama kali diproduksi pada 2015 dengan teknologi kecerdasan buatan untuk melakukan patroli keamanan. Biaya produksi robot itu sekitar Rp 2,2 miliar dan sebagian besar dijual ke negara lain.

Cara kerja

Robot polisi PGuard dikendalikan dengan remote dan dibekali dengan pemindai infra merah, kamera pengindera suhu, serta sistem alarm.

Ketika berhadapan dengan warga yang diduga melanggar lockdown, robot PGuard itu akan segera menghentikan mereka dan meminta kartu identitas.

“Apa yang kalian lakukan? Tunjukkan kartu identitas. Kalian tidak tahu sedang ada lockdown?” ujar robot tersebut.

Selain robot polisi, pihak perusahaan juga akan memproduksi robot untuk kesehatan yang akan memberikan diagnosa awal dan menggunakan sensornya untuk mengukur sesuatu. Nantinya robot ini juga akan dikerahkan di rumah sakit di Tunis.

Ini bukan pertama kalinya di situasi Covid-19, sebelumnya di Tiongkok, Italia dan Thailand robot telah digunakan untuk meringankan beban tenaga medis.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait