FOKUS

Paus Fransiskus Ingatkan Warga Italia Gelombang Kedua Virus Corona

VATIKAN (Tandaseru) – Pemimpin gereja Vatikan Paus Fransiskus mengingatkan warga Italia untuk tidak melemahkan kewaspadaan mereka terhadap virus corona. Meskipun saat ini, kasus baru infeksi Covid-19 di Italia telah turun.

Seperti diketahui, jumlah kematian setiap hari telah turun dari hampir 1.000 per hari beberapa bulan yang lalu, menjadi 72 pada hari Sabtu (11/7).

Italia memasuki fase terakhir pelonggaran pembatasan (lockdown) pada 3 Juni 2020, ketika orang-orang diizinkan untuk melakukan perjalanan antar wilayah lagi.

Namun, beberapa orang Italia, terutama pemuda, telah melanggar aturan yang tersisa tentang jarak sosial dan mengenakan masker di tempat-tempat umum. Pihak berwenang telah memperingatkan bahaya gelombang kedua.

Paus mendesak warga Italia mematuhi peraturan pemerintah tentang jarak sosial dan selalu mengenakan masker.

“Hati-hati. Jangan terlalu cepat (merasa) menang,” katanya, mengabaikan teks pidato yang sudah disiapkan.

Hampir 34.000 orang telah meninggal akibat Covid-19 di Italia, dan mencatatkan korban tertinggi keempat di dunia setelah Amerika Serikat, Inggris, dan Brasil.

“Kita masih harus mengikuti aturan,” kata Fransiskus. “Puji Tuhan, kita telah meninggalkan bagian terburuk, tetapi selalu mematuhi aturan yang telah ditetapkan pihak berwenang,” katanya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait