FOKUS

PDIP Dorong Jokowi dan Anies Duduk Bersama Bahas Opsi Lockdown Jakarta

JAKARTA (Tandaseru) – Anggota DPR dari Fraksi PDIP, Masinton Pasaribu meminta Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan duduk bersama guna mencari solusi untuk meminimalkan penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Tidak ada salahnya membahas dan mempersiapkan opsi lockdown sebagai alternatif terakhir untuk wilayah provinsi DKI Jakarta,” kata Masinton dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (26/3).

Masinton menuturkan bahwa di beberapa negara opsi lockdown telah ditempuh, hasilnya cukup efektif. Atas dasar itu, dia meminta pemerintah untuk mempertimbangkan opsi lockdown di Jakarta.

“Jangan ada egoisme kebijakan antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah DKI Jakarta. Keselamatan dan kesehatan rakyat adalah yang utama. Singkirkan egoisme, bangun sinergitas dan solidaritas antar pemerintahan pusat dan daerah,” tegasnya.

Selain itu, Masinton menyarankan Gubernur Anies Baswedan harus mendengarkan dan melaksanakan arahan pemerintah pusat. Begitu juga sebaliknya, Presiden Jokowi harus aspiratif dan akomodatif mendengarkan aspirasi pemerintah daerah.

“Kita belum terlambat, asal kita mau mempersiapkannya secara profesional. Semua negara tidak ada yang siap menghadapi pandemi Covid-19, namun berbagai negara melakukan langkah persiapan secara sigap dan cepat,” ujarnya.

Masinton mengatakan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah DKI Jakarta juga perlu segera bersama-sama lakukan langkah mitigasi secara cepat, terukur dan efektif.

“Saya yakin opsi apapun yang dilakukan oleh pemerintah pasti mendapat dukungan dan ditaati bersama oleh warga Jakarta. Termasuk opsi lockdown,” kata dia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait