FOKUS

PDIP Dukung Langkah Erick Thohir Ambil Sikap Tegas Kasus Garuda

Tandaseru – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merespons positif sikap tegas Menteri BUMN di kasus pemecatan Dirut Garuda. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berpendapat, kebijakan yang diambil Menteri Erick dinilai akan membawa BUMN menjadi kekuatan ekonomi nasional.

“Politik ekonomi BUMN harus berupaya mewujudkan kedaulatan negara setidaknya di bidang pangan, papan, energi, pertahanan, keuangan dan pertahanan,” kata Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (5/12).

Hasto mengatakan, atas dasar hal itu maka para direksi dan komisaris BUMN harus dipilih tidak hanya berdasarkan kriteria kepemimpinan yang visioner, transformatif dan teknokratis, ataupun kemampuan manajerial.

Menurutnya, mereka ditunjuk dengan melihat dari kemampuan ideologis berkaitan dengan upaya menjadikan BUMN sebagai kekuatan utama konsolidasi perekonomian nasional.

“Untuk itu, maka konsolidasi bisnis baik secara vertikal maupun horisontal harus dilakukan sehingga BUMN benar-benar berkonsentrasi pada inti bisnis dan hanya masuk pada sektor yang bersifat strategis bagi kepentingan perekonomian nasional,” katanya.

PDIP, kata dia, juga mengusulkan agar BUMN mampu mencapai kinerja korporasinya. Hal itu baik dalam perspektif kepeloporan dan inovasi bisnis, kinerja finansial, pertumbuhan internal maupun kinerja terhadap seluruh stakeholders, diberi prioritas bahwa penempatan direksi dan berasal dari dalam.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait