FOKUS

Pelarian Cai Changpan Usai, Ditemukan Tewas Diduga Bunuh Diri Hutan Jasinga Bogor

JAKARTA (tandaseru) – Terpidana mati yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang, Cai Changpan alias Cai Ji Fan akhirnya ditemukan. Namun, saat ditemukan, sang napi sudah tidak bernyawa karena diduga kuat bunuh diri.

“Betul, kita temukan dalam keadaan gantung diri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi, Minggu (18/10).

Yusri mengungkapkan sang napi ditemukan disebuah tempat pembakaran ban. Lokasi ditemukannya Cai bukan di dalam Hutan Tenjo melainkan di sekitar Hutan Jasinga Bogor pada Sabtu (17/10).

“Tim bergerak ke Hutan Jasinga ke tempat pembakaran ban dan memerintahkan tim mencari. Pagi tadi diakukan penggerebekan dan kita temukan Cai Changpan sudah meninggal dunia,” ungkap Yusri.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana cara Cai Changpan bunuh diri. Yusri menyebut pihaknya masih mendalami kasus tersebut.

“Saat ini masih kita dalami,” kata Yusri.

Diketahui, Cai Ji Fan narapidana asal China di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tangerang melarikan diri melalui gorong-gorong yang dibuatnya selama enam bulan, pada Senin (14/9).

Belakangan diketahui bahwa Cai Ji Fan menggali gorong-gorong tersebut dengan menggunakan alat perkakas bangunan seperti sekop, obeng hingga pompa air.

Selain itu, pemeriksaan saksi yang ada, ternyata terpidana itu sempat membeli rokok di sekitar lapas dan pulang ke rumahnya setelah kabur. Saat ini, polisi dan pihak lapas sudah berkoordinasi dengan Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI untuk mencegah Cai ke luar negeri.

Selain itu, juga telah berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk memblokir KTP yang bersangkutan. Sebab, pria asal China itu diketahui telah berpindah kewarganegaraan Indonesia dan memiliki e-KTP.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait