FOKUS

Pemerintah: Masyarakat Harus Pakai Masker saat Keluar Rumah

JAKARTA (tandaseru) – Pemerintah meminta kepada seluruh masyarakat agar memakai masker saat akan keluar rumah mulai hari ini, Minggu (5/4). Hal ini sesuai dengan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Corona, Achmad Yurianto mengatakan penduduk cukup mengenakan masker kain yang bisa dipakai berulang kali setelah dicuci. Untuk tenaga medis diharuskan mengenakan masker medis dan tipe N95.

“Semua harus gunakan masker, masker bedah dan masker N95 untuk petugas kesehatan, gunakan masker kain untuk warga, karena kita tidak tahu orang di luar, tanpa gejala, kita tidak tahu mereka sumber penyakit,” kata Yuri di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (5/4).

Dia juga memaparkan agar masker kain dicuci maksimal setelah empat jam pemakaian. Masker ini bisa lebih dulu direndam di air sabun untuk kemudian dicuci dan selanjutnya bisa dipakai kembali.

“Ini upaya untuk cegah penularan, karena kita tidak tahu bahwa di luar banyak kasus tanpa gejala potensi menular ke kita. Cuci tangan pakai sabun. Ini jadi kunci,” kata dia.

Selain itu, Yuri menyebut pada hari ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah melakukan pemeriksaan tes cepat atau Rapid Test kepada 9.712 warga di seluruh Indonesia, sebagai langkah awal untuk mendeteksi penyebaran virus Corona.

“Per tanggal 5 April kami lakukan pemeriksaan di 9.712 warga yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan baik pusat maupun daerah,” kata Yuri.

Rapid test, menurut Yuri, memang penting dilakukan sebagai langkah awal untuk mendeteksi penyebaran wabah. Rapid test juga dilakukan untuk mengetahui pergerakan penyebaran wabah corona di setiap wilayah.

“Segera cari, temukan dan kemudian isolasi,” ucapnnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait