FOKUS

Pemuda Animator Indonesia yang Berpengaruh di Dunia!

JAKARTA (!) – Animator Indonesia bukan hanya muda, tapi juga sangat berbakat bahkan tidak sedikit yang mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Siapa saja sih pemuda animator Indonesia yang berpengaruh di dunia?

Rini Sugianto

Pernah nonton film Iron Man atau Hunger Games? Ternyata ada tangan pemuda Indonesia sebagai salah satu animator dari film-film Hollywood tersebut, namanya Rini Sugianto.

Animator wanita Indonesia ini dulunya merupakan arsitek lulusan dari Universitas Parahyangan, Bandung.

Lalu, dirinya tertarik di bidang animasi dan kuliah pasca sarjana di Academy of Art University di San Francisco.

Mengawali karir menjadi animator pada tahun 2005, Rini mulai tergabung dalam tim animator untuk membuat animasi pada film The Avengers 1 dan 2, Iron Man 3 serta Hunger Games: Catching Fire.

Bukan hanya itu, Rini juga sempat terlibat dalam pembuatan animasi di film Hobbit 1 dan Hobbit 2: The Desolation of Smaug juga film animasi The Adventures of Tintin. Hebat kan?

Andre Surya

Pemuda Indonesia ini terbukti menjadi salah satu animator yang berpengaruh di dunia. Pemuda ini menempuh pendidikan di jurusan film dan special effects di Vanart, sekolah film yang berada di Vancouver, Kanada.

Saat ini, dirinya telah menjadi pemuda Indonesia satu-satunya yang dapat tergabung dalam proyek pembuatan film Transformer 3D sebagai digital artist di divisi Industrial Light and Magic (ILM) Lucasfilm Singapore. Keren banget kan?

Kemampuan pembuatan animasi Andre sudah tidak perlu diragukan lagi. Uniknya bakat animasi yang dimilikinya sekarang merupakan hasil berlatih secara otodidak. Andre mengaku mengasah bakatnya tersebut sejak masih duduk di bangku SMA.

Griselda Sastrawinata

Selain Rini ada pemuda animator wanita lainnya yang berasal dari Indonesia yaitu Griselda Sastrawinata.

Kalau kenal film animasi Moana, Griselda adalah salah satu animatornya.

Wanita yang sukses menjadi animator di luar negeri ini sebelum tergabung di Disney, Griselda terlebih dahulu bekerja di Dreamworks.

Film animasi terkenal seperti Shrek Forever After, How To Train Your Dragon 2, Kungfu Panda 2, Puss In Boots, The Croods bahkan Home, berhasil dikerjakan oleh Griselda.

Pada film Moana, Griselda berperan sebagai Visual Development Artist yang membuat background, dan TAPA illustration.

Baca Juga:

Wira Winata

Pemuda yang tidak ingin dianggap ‘tenaga kuli’ animasi luar negeri ini, ternyata memiliki perusahaan animasi rumahan sendiri.

Tidak tanggung-tanggung, perusahaannya ini banyak bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar, seperti Disney TV, Microsoft, Buena Vista Games dan juga Cartoon Network.

Sebelumnya, Wira pernah membuat beberapa animasi seperti The Little Red Plane, film animasi Hollywood Peanuts yang menceritakan tentang Snoopy, serta beberapa proyek iklan dan video games.

Keren-keren kan pemuda animator Indonesia? Bagaimana tertarik jadi seperti mereka?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com