FOKUS

Pengungkapan Selama Januari, Kapolda Kalsel Pimpin Pemusnahan 34,27 Kg Narkoba

BANJARMASIN (tandaseru) – Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani memimpin langsung pemusnahkan barang bukti narkoba 34.340,43 gram (34,34 Kg) Lobby Mapolda Kalsel, Jumat (14/2).

Turut hadir dalam kegiatan pemusnahan barang bukti narkoba tersebut Sekda Provinsi Kalsel yang mewakili Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Kepala BNNP Kalsel, Wakapolda Kalsel, Dir Resnarkoba Polda Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Kajati Kalsel, Danrem 101/Antasari (diwakili).

Selain itu hadir juga Ketua Pengadilan Negeri Banjarmasin, Danlanal Banjarmasin, Kepala Bea Cukai Kalbagsel, Kepala BPOM Kalsel, Kemenkumham Kalsel, Ketua MUI Kalsel, GM. PT Angkasa Pura II Syamsuddin Noor, dan Ketua LKBH ULM.

Kapolda Kalsel diwakili Dir Resnarkoba Kombes Pol Wisnu Widarto mengatakan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalsel berhasil mengamankan barang bukti narkoba yang disita dari sejumlah pengungkapan dengan jumlah 12 orang tersangka dalam kurun waktu selama Januari 2020.

“Adapun barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 27.986,25 gram (27,98 Kg) sabu, 9.267 butir (3.521,03 gram / 3,52 Kg) XTC, 19.900 (2.100,15 gram / 2,1 kg) pil sabu, 600 butir (228 gram / 0,2 Kg), kapsul XTC, dan 505 gram / 0,5 kg serbuk XTC.

Semua Barang bukti ini tidak seluruhnya dimusnahkan dan ada juga yang sebagian kecil yang disisihkan untuk alat bukti di persidangan.

“Dengan adanya pemusnahan barang bukti ini, kita telah menyelamatkan 274.724 orang dari pengaruh narkoba. Oleh karena itu marilah kita semua untuk menyatukan visi dalam memberantas peredaran gelap narkoba di Kalsel. Kita tidak mau Kalsel menjadi wilayah pengguna Narkoba,” tegas Kapolda Kalsel melalui Dir Resnarkoba.

Sekda Provinsi Kalsel dan Ketua DPRD Kalsel juga mendukung penuh Kepolisian dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di Bumi Lambung Mangkurat.

Dalam kegiatan pemusnahan tersebut semua barang bukti narkoba jenis sabu dan XTC tersebut dimusnahkan dengan cara diblender.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait