FOKUS

Pentingnya Penanaman Cinta Indonesia Kepada Generasi Penerus Bangsa

JAKARTA (tandaseru.id)–Talkshow Nasional Is Me Goes to Campus kembali digelar secara live di Radio Persada dan Heartline 100.6 FM Karawaci, serta Youtube Heartline Network, dengan mengangkat tema Psikologi Milenial dalam Nilai Pancasila, Senin (12/04).

Talkshow kali ini menghadirkan narasumber utama Ratih Ibrahim, M.M, Psikologi Klinis (Founder & CEO Personal Growth), dan seperti biasa Frans Nikolas dan Yohana Elisabeth bertindak sebagai host acara.

Ratih Ibrahim sudah berkecimpung di dunia psikologi selama 30 tahun, Ratih melihat perubahan dalam diri manusia datangnya dari diri sendiri, “sebaik apapun psikolog yang membantu, fasilitas yang dimiliki untuk berkembang, apabila diri sendiri tidak mau berubah dengan rebahan saja, perubahan tidak akan terjadi  pada diri mereka,” ujar Ratih.

Untuk tumbuh dan berkembang, sebuah bibit harus pecah dahulu, tanahnya harus di congkel agar bisa tumbuh subur, dibutuhkan karakter yang kuat dari pemuda bangsa agar bisa tetap survive dalam menjalani kehidupanya. Masalah akan selalu ada namun kitanya yang harus tumbuh, menjadi pribadi yang kuat secara mental, perilaku dan agama.

Dalam kehidupan bernegara begitu banyak pengaruh dari dunia luar yang bila tidak diberi pagar pembatas maka kebudayaan dan kearifan lokal Indonesia akan hilang, penting sekali bagi semua elemen untuk bahu membahu mengenalkan akar yang kuat tentang keindonesiaan kepada generasi penerus bangsa.

Ratih Ibraim
Credit Foto : Youtube Hearline Network

The world is your playground, menurut saya tidak masalah generasi muda untuk mengenali kebudayaan atau trend dari dunia luar, itu menjadi pengetahuan bagi mereka, karena anak muda saat ini harus siap menjadi warga dunia, tidak masalah berkelana sejauh mungkin, namun kita harus ingat darimana akar kita, maka sangat penting untuk mengenalkan akar Indonesia kepada generasi kita,” lanjut Ratih.

menurut Ratih kita bisa mengenalkan akar budaya kita dari yang termudah adalah dengan mengenalkan apa yang ada dirumah kita, “Saya sering mengajak anak-anak Saya ketika mereka kecil nonton wayang kulit, walau bosen dan kemudian ngantuk gak papa, karena mereka belum terbiasa, nanti kalau sudah terbiasa mereka akan mengeksplor budaya tersebut,” sambung Ratih.

Bila akar kecintaan terhadap Indonesia sudah kuat, maka sejauh mana kaki melangkah pasti akan kembali lagi, karena tahu dimana asalnya.

Ratih Ibrahim dijadwalkan menjadi salah satu pembicara dalam virtual expo Nasional Is Me Indonesia Pasti Bisa dengan fokus materi pengembangan karakter, kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis, Kegiatan ini bisa diikuti dengan cara melakukan registrasi di nasionalisme.or.id/pendaftaranNIMPB dan kemudian isi data diri anda.

Informasi selengkapnya kunjungi Instagram @Nasionalismeradikal atau kunjungi website Nasionalisme.or.id.

 

 

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com