FOKUS

Penuhi Janji, Mendagri Hadiri Launching Pembagian 1,1 Juta Masker di Kuningan

KUNINGAN (tandaseru) – Gerakan bagi masker dan sosialisasi menggunakan masker yang benar sebagai salah satu dari protokol kesehatan secara masif gerak cepat terus dikampanyekan dan disosialisasikan ke jajaran pemerintah daerah.

Untuk itu, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian pada Sabtu (15/8) diagendakan menghadiri launching pembagian 1,1 juta masker di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang sebelumnya sudah dibagikan sebanyak 3,5 juta masker di daerah terseut.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar mengungkapkan, sebelumnya telah dilakukan launching kampanye bagi masker di sejumlah daerah, antara lain di Kabupaten Gowa dengan gerakan sejuta masker pada 7 Juli, Gerakan Bagi Masker 2,5 juta di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada 5 Agustus.

Selain itu, lanjut Bahtiar, Gerakan Bagi Masker 1,5 juta di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu pada 6 Agustus, dan di Jawa Timur sebanyak 26 juta masker pada 7 Agustus yang lalu.

Bahtiar mengatakan agenda Mendagri di Kuningan sebagai realisasi dari janji dari ‘tantangan’ Mendagri kepada para kepala daerah, apabila ada daerah yang bisa lakukan gerakan sejuta masker maka Mendagri akan hadir secara langsung sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap pemerintah daerah yang memiliki gagasan dan program riil dalam melakukan gerakan melawan Covid-19.

“Sebelumnya Pak Mendagri berjanji melontarkan ‘tantangan’ kepada para kepala daerah, apabila ada daerah yang bisa lakukan gerakan sejuta masker maka Mendagri akan hadir secara langsung. Besok Pak Mendagri akan launching Gerakan Bagi Masker di Kabupaten Kuningan, nah ini patut dan selayaknya diapresiasi bagi daerah-daerah yang miliki keseriusan dalam melakukan gerakan melawan Covid-19 sebagai model untuk dipraktikkan di daerah lain,” ujarnya.

Bahtiar menekankan bahwa gerakan bagi masker seperti ini sumbernya bukan hanya dari Pemda melainkan juga diharapkan ada kontribusi dari dunia usaha dan masyarakat.

“Di Kabupaten Kuningan sumber dari sumbangan masker banyak melibatkan banyak pihak, yaitu dari BPBD 250 ribu masker, gugus tugas 750 ribu masker, TNI 500 ribu masker, Polri 553 ribu masker, Dinkes 650 ribu masker, Bank Kuningan 125 ribu masker, Bank BJB 350 ribu masker, Korpri 125 ribu masker, Komunitas lainnya 275 ribu 500 masker, pemerintah desa 1.134.289 masker, sehingga total 4.687.789 masker,” urainya.

Bahtiar juga mengajak semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif mengkampanyekan gerakan bagi masker, gerakan ini bertujuan untuk membangun komitmen bersama dan menggugah kesadaran masyarakat agar disiplin mengenakan masker secara benar.

Launching Gerakan Bagi Masker di Kabupaten Kuningan akan dihadiri langsung oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Bupati Kuningan Acep Purnama dan jajaran Forkopimda Kabupaten Kuningan.

Hadir Juga mendampingi Mendagri jajaran Eselon I Kemendagri yaitu, Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA, dan Dirjen Bina Keuangan Daerah Moch. Adrian Noervianto.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait