FOKUS

Waspadai 3 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang

JAKARTA (tandaseru) – Daging ayam merupakan menu favorit bagi masyarakat Indonesia. Bahkan dalam seminggu bisa lebih dari tiga kali mengonsumsi daging ayam, namun tahukah Anda jika ada penyakit akibat makan daging ayam belum matang?

Daging ayam memang menyehatkan, tapi makan daging ayam belum matang bisa menyebabkan kontaminasi berbagai jenis bakteri atau virus.

Sebab dalam tubuh ayam terdapat berbagai jenis bakteri, virus, dan parasit yang akan tetap hidup walaupun ayam sudah mati.

Oleh karena itu, memasak ayam dengan suhu paling tidak 75 derajat Celcius bisa membunuh berbagai macam organisme penyebab penyakit. Sehingga daging ayam bisa dikonsumi secara aman.

Namun penyakit apa saja yang bisa berbahaya bagi kesehatan jika makan daging ayam belum matang atau bahkan mentah. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang!

Mengalami Penyakit Flu Burung

Virus H5N1 adalah virus penyebab flu burung. Flu ini sempat mewabah di Indonesia dan virus yang hidup pada ayam serta unggas lainnya ini bisa ditularkan pada manusia.

Nah, bila memakan daging ayam belum matang yang sudah terjangkit flu burung, maka bisa tertular.

Gejala dari penyakit ini antara lain sulit benapas, sakit tenggorokan, batuk, nyeri otot, demam, hidung berair, dan diare. Virus ini bisa menyebabkan kematian bila tidak segera diobati.

Oleh sebab itu, memasak daging ayam hingga suhu dagingnya mencapai 74 derajat Celsius mampu membunuh virus H5N1. Namun disarankan pada Anda sebaiknya tidak mengonsumsi daging ayam yang terjangkit flu burung.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com