FOKUS

Tidak Merokok Tapi Bibir Menghitam? Ternyata Ini 5 Penyebabnya

JAKARTA (tandaseru) – Setiap orang pasti ingin memiliki bibir yang bersih dan sehat. Bibir berwarna pink kemerahan tentu jadi idaman. Namun ada sebagian orang yang memiliki bibir hitam, penyebab bibir hitam pun bermacam macam.

Bibir bisa mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap hingga kehitaman. Perubahan warna bibir ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gaya hidup hingga kondisi medis tertentu.

Sebenarnya bibir yang hitam juga bukan hanya karena kebiasaan merokok saja, ada beberapa penyebab yang dapat membuat bibir menjadi hitam. Berikut ulasannya.

Penyebab Bibir Hitam yang Perlu Anda Ketahui

Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan kondisi dimana melanin dalam tubuh terlalu banyak sehingga memengaruhi warna kulit, termasuk warna kulit pada bibir.

Melanin dapat terbentuk ketika seseorang terlalu sering terkena sinar matahari. Wajah adalah bagian paling berpeluang untuk mengalami hiperpigmentasi karena sering terkena sinar matahari secara langsung.

Oleh sebab itu, penting menggunakan tabir surya, terutama dibagian bibir, seperti menggunakan pelembab bibir yang mengandung SPF 30 yang bisa membantu menjaga bibir dari kehitaman.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait