FOKUS

Kantung Mata Bikin Kelihatan Tua? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

JAKARTA (tandaseru) – Siapa yang memiliki kantung mata atau sering disebut mata panda? Mata panda cukup mengganggu penampilan. Ternyata penyebabnya bukan hanya kurang tidur saja loh. Ketahui apa saja penyebab dan cara mengatasi kantung mata.

Biasanya kaum wanita yang merasakan ketidaknyamanan ini. Oleh sebab itu tak jarang pula wanita yang rela mengeluarkan uang berjuta-juta demi operasi menghilangkan kantung mata.

Namun apa saja yang menjadi penyebab munculnya kantung mata? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kantung Mata

Faktor usia

Penyebab umum terjadinya kantong mata biasanya karena pengaruh usia. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, elastisitas kulit pun menjadi berkurang.

Tak hanya itu, struktur otot dan jaringan yang menumpu mata juga ikut melemah.

Cairan atau lemak yang bertumpuk

Mata panda bisa terbentuk karena lemak yang pindah ke kelopak mata, semakin lama semakin bertumpuk hingga terjadi pembengkakan.

Cairan mata juga bisa menjadi pemicu mata panda. Penyimpanan cairan di mata biasanya akan terpengaruh oleh perubahan cuaca, perbedaan tingkat hormon yang diproduksi, dan terlalu banyak megonsumsi makan-makanan asin.

Keturunan dan alergi

Jika penyebab kantung mata adalah faktor keturunan, maka kantung mata Anda akan sulit diatasi karena ini menjadi suatu gen yang diturunkan kepada Anda.

Tetapi jika kantung mata tiba-tiba muncul setelah Anda mengonsumsi makanan pencetus alergi, salah menggunakan produk skincare atau sabun kecantikan maka Anda harus segera periksakan diri ke dokter.

Mata panda yang disebabkan alergi biasanya berwarna merah dan bengkak.

Kurang tidur

menebak sifat seseorang dari bangun tidur, Risiko Penyakit Orang Kurang Tidur

Kurang tidur adalah faktor yang paling umum terjadinya kantong mata sekalipun usianya masih muda.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait