FOKUS

Mengenal Transient Tachypnea Of The New Born, Seperti yang Dialami anak ke-4 Oki Setiana Dewi

JAKARTA (tandaseru) –  Baru-baru ini Ustadzah Oki Setiana Dewi telah melahirkan anak keempatnya, Sulaiman Ali Abdullah. Namun sayang, si kecil masih harus di rawat di Nicu karena mengalami TTN. Tahukah Anda apa saja penyebab dan gejala TTN?

Bukan hanya putra Oki saja yang mengalami TTN, anak kelima Hanung dan Zaskia Adia Mecca rupanya mengalami hal yang sama.

Maka dari itu, kita perlu tahu apa yang dimaksud dengan TTN dan apakah kelainan pernafasan ini berbahaya bagi bayi? Simak yuk penjelasannya dibawah ini.

Penyebab dan Gejala TTN

Pengertian TTN

TTN atau Transient Tachypnea Of The New Born adalah salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada bayi baru lahir.

Hal ini biasanya disebabkan oleh tubuh bayi yang terlambat mengeluarkan cairan yang ada di dalam tubuhnya.

Sehingga paru-paru mengalami kesulitan untuk berfungsi normal dan menyebabkan gangguan pernafasan serta takipnea (tempo nafasnya lebih cepat dari tempo normal).

Bayi new born yang mengidap ini biasanya akan dirawat secara intensif di rumah sakit dan mendapatkan tambahan oksigen selama beberapa hari.

Namun, hal ini umumnya tidak sampai membahayakan nyawa bayi tersebut.

Apa penyebab TTN?

Penyebab terjadinya TTN adalah cairan ketuban yang terlambat keluar dari paru-paru bayi, sehingga menyebabkan paru-parunya terendam oleh cairan tersebut dan membuat bayi kesulitan bernafas.

Gejala TTN

Salah satu gejala yang paling dikenali adalah laju pernafaan bayi sangat cepat, bisa mencapai lebih dari 60 nafas permenit.

Selain itu, saat bayi bernafas terdengar suara seperti mendengus, terjadi peradangan pada lubang hidung, dan ketika bernafas tulang rusuknya tertarik.

Meski begitu, gangguan pernafasan ini umumnya dapat sembuh kurun waktu 1 hingga 3 hari setelah persalinan.

Faktor risiko TTN

Walau pun Transient tachypnea adalah masalah kesehatan yang terbilang umum terjadi pada bayi new born, tapi tidak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa faktor risiko yang menyebabkan TTN.

Transient tachypnea umumnya terjadi kepada bayi yang lahir secara prematur karena paru-parunya belum terbentuk dengan sempurna, bayi yang lahir melalui operasi caesar, dan ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit asma atau diabetes.

Oleh sebab itu, jika Anda mempunyai riwayat penyakit tertentu, sampaikanlah kepada dokter atau bidan yang menangani. Sehingga dokter bisa lebih siap dan berhati-hati jika ada masalah saat proses persalinan nanti.

Itulah sedikit pembahasan tentang Transient Tachypnea Of The New Born dengan penyebab dan gejala TTN. Semoga dapat menambah wawasan Anda ya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com