FOKUS

Penyidikan Kebakaran Kejagung RI harus Profesional, Kompolnas: Untuk Menepis Kecurigaan Publik

JAKARTA (tandaseru) – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta penyidik Bareskrim Polri untuk melakukan investigasi mendalam dalam penyidikan kasus kebakaran Kejaksaan Agung (Kejagung) RI.

“Saya berharap penyidik dalam melakukan lidik sidik berpegang pada scientific crime investigation, sehingga hasilnya akurat dan dapat dipertanggungjawabkan di persidangan,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti saat dihubungi Sabtu (24/10).

Kompolnas berharap agar Polri tetap bersikap profesional dalam menangani kasus kebakaran hebat ini. Polri juga harus bisa menepis keraguan masyarakat yang masih curiga dengan ekspos kasus ini kemarin.

“Penyidik diharapkan dapat melaksanakan penyidikan secara profesional dan mandiri yg dikuatkan dengan scientific crime investigation sehingga dapat menepis kecurigaan publik yang mengaitkan kebakaran gedung Kejaksaan Agung dengan kasus-kasus besar yang sedang ditangani Kejaksaan Agung,” beber Poengky.

Seperti diketahui, kebakaran terjadi di salah satu gedung di Kejaksaan Agung Jakarta pada Sabtu (22/8) sekitar pukul 19.00 WIB. Gedung yang terbakar merupakan gedung Bagian Kepegawaian Kejaksaan Agung dan terbakar selama 11 jam lamanya.

Dalam kasus ini polisi sudah menetapkan delapan orang sebagai tersangka yakni Lima tersangka diantaranya merupakan tukang yakni berinisial T, H, S, K dan IS. Sedangkan satu tersangka merupakan mandor tukang berinisial UAN.

Selain itu, dua tersangka lainnya yakni Direktur Utama PT ARM yang meruapkan vendor cairan pembersih lantai untuk Kejagung RI berinisial R dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kejaksaan Agung berinisial NH.

Penyebabnya, kebakaran tersebut akibat dari bara rokok para pekerja bangunan di lantai 6 Kejagung RI. Disamping itu, terdapat cairan pembersih lantai atau minyak lobi yang terdapat unsur solar hingga mengakibatkan api tersulut dan membakar bangunan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com