FOKUS

Peran LVRI dalam Pembentukan Organisasi Veteran di ASEAN

JAKARTA (tandaseru) –Talkshow Nasional Is Me Goes to Campus kembali digelar secara live Persada dan Heartline 100.6 Fm Karawaci.Talkshow kali ini membahas tema “Peranan LVRI Dalam Veteran Asean” dengan menghadirkan narasumber utama Mayjen TNI (Purn) Bantu Hardjijo, S.IP. selaku Wakil Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia, Senin (7/09).

Seperti biasa Frans Nikolas dan Ahmad Romzi bertindak sebagai host acara. Talkshow ini digagas oleh Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum, bekerja sama dengan Yayasan Bentang Merah Putih dan komunitas Nasionalisme Radikal (NAKAL).

“Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) merupakan organisasi para Veteran Republik Indonesia.  LVRI merupakan satu-satunya wadah dan sarana perjuangan segenap Veteran RI,” ujar Bantu.

Organisasi tersebut dibentuk berdasarkan persamaan kehendak, bidang kegiatan, profesi dan fungsinya untuk berperan serta dalam pewarisan nilai juang 1945, pembangunan nasioal dan pertahanan dan keamanan nasional.

LVRI mempunyai misi meningkatkan harkat dan martabat seluruh Veteran RI sebagai pejuang, pembela dan penegak NKRI, serta meningkatkan kesejahteraan anggota pembinaan generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa, meningkatkan persahabatan antar bangsa dengan terwujudnya ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Dalam rangka memperhatikan dan menyuarakan kepedulian antar sesama veteran, LVRI tidak hanya bergerak di Tanah Air melainkan juga Asia Tenggara dengan ikut aktif mempersatukan dan memperkuat upaya kepentingan para veteran, termasuk penyandang cacat di antara mereka, para korban perang dan mempromosikan persatuan, perdamaian serta kemakmuran.

Untuk mencapai tujuan ini, LVRI menyerukan para veteran dan organisasi veteran di ASEAN yang terorganisir dan terakreditasi dengan baik di negaranya masing-masing, untuk bergabung, mendukung dan bersatu di belakang Veterans Confederation Of Asean (VECONAC) yang telah diresmikan di Jakarta pada 19 Desember 1980.

Sebuah organisasi yang dengan sungguh-sungguh berdedikasi untuk perlindungan dan promosi. Organisasi ini berkomitmen untuk memajukan dan menumbuhkan niat baik, pemahaman dan harmoni di antara para anggotanya, terlepas dari perbedaan agama, bahasa, budaya, adat istiadat untuk mencapai tujuan dan kepentingan para veteran.

 

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait