FOKUS

5 Perawatan Tradisional Putri Keraton, Jadi ini Rahasia Kecantikannya!

Tandaseru – Pernah bertanya-tanya tentang rahasia kecantikan para putri keraton? Ternyata ada beberapa perawatan tradisional putri keraton yang bisa disontek loh!

Siapa yang tak mengenal aura kecantikan putri keraton Jawa? Terkenal akan pesonanya tersendiri, kecantikan putri keraton seolah tak pernah luntur sejak dahulu kala.

Bukan hanya tutur kata dan sikapnya yang lemah-lembut nan bersahaja, paras cantik para putri raja pun sering jadi tolak ukur kesempurnaan wanita Indonesia khususnya di tanah Jawa.

Berikut ini perawatan tradisional putri keraton yang bisa disontek!

Lulur dari tanaman herbal

Lulur jadi salah satu perawatan kecantikan tubuh yang banyak dilakukan wanita Indonesia untuk mendapatkan kulit yang sehat, bersih dan halus.

Para putri keraton Jawa biasanya mandi menggunakan lulur yang dibuat dari tanaman herbal, salah satunya dari kunyit yang punya kandungan antiseptik dan antibakteri.

Dikutip dari Radar Solo, Gusti Kanjeng Ratu Alit, putri tertua dalem Sri Susuhunan Paku Buwono XII, mengungkapkan kunyit mampu mengobati atau menghilangkan luka di kulit, serta membuat kulit lebih halus.

Salah satu yang kerap digunakan adalah lulur mangir, yaitu lulur dari temu giring dan kunyit yang dihaluskan, menurut halaman Info Budaya, lulur tersebut punya manfaat mencerahkan kulit.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait