FOKUS

Perbaikan Longsor Km 118 Tol Cipularang, Kepolisian Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

PURWAKARTA (tandaseru) – Kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas di kilometer 118 Tol Cipularang, Jawa Barat hari ini Kamis (20/2) menyusul terjadinya longsor yang terjadi di jalur tol tersebut pekan lalu.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Irjen Pol Istiono mengatakan rekayasa lalu lintas dilakukan dengan menerapkan penggunaan lajur dua sebelah kanan jalur B untuk kendaraan golongan II-V. Sedangkan kendaraan golongan I dan bus bisa menggunakan lajur satu.

Dia mengatakan pengguna jalan yang menuju wisata Lembang, Bandung dan sekitarnya untuk menggunakan jalur Lembang-Subang-Purwakarta dan Tol Cikampek arah Jakarta.

“Bisa menggunakan jalur Padalarang-Cianjur-Puncak ke Jakarta apabila terjadi kepadatan arus dan kecelakaan ataupun emergency di KM 118-600,” kata Istiono saat meninjau langsung lokasi longsor yang berada di KM 118+600 Tol Cipularang, Rabu (19/2).

Namun dia mengatakan, lajur penyelamatan tidak direkomendasikan untuk digunakan ataupun dilintasi kendaraan. Pada lajur ini akan dipasang pembatas untuk mempercepat pengerjaan rekonstruksi dampak longsoran.

“Apabila terjadi kepadatan, maka akan diberlakukan contra flow, namun sifatnya situasional,” ujarnya sambil menambahkan pihaknya telah menyiapkan rambu dan personel di lokasi-lokasi tersebut untuk membantu para pengendara yang melintas.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait