FOKUS

Penderita Diabetes, Sebelum Makan Pisang Perhatikan Dulu Warna Kulitnya Ya!

JAKARTA (tandaseru) –  Kebanyakan orang saat membeli pisang akan memilih pisang yang berwarna kuning dibandingkan pisang hijau. Alasannya, pisang kuning tandanya sudah matang dan manis. Tapi tahukah Anda perbedaan pisang hijau dan kuning?

Pisang hijau sering dianggap kurang matang dan rasanya sepat. Padahal, kedua pisang yang berbeda warna ini memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dan harus dikonsumsi sesuai kebutuhan.

Hal tersebut berarti, orang tidak boleh asal mengonsumsi buah pisang terutama bagi mereka yang mempunyai riwayat penyakit diabetes.

Perbedaan Pisang Hijau dan Kuning yang Perlu Anda Tahu

Pisang hijau dikenal sebagai “pisang diet”

Kebiasaan Mudah Cegah Gemuk

Kenapa disebut pisang diet? Alasannya karena saat kulit pisang telah berwarna kuning, kadar gula dalam pisang meningkat.

Nah, bagi para penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi pisang hijau karena dapat menurunkan gula darah, menjaga sistem pencernaan tetap sehat, dan dapat membuat kenyang lebih lama.

Pisang hijau tidak mengandung lemak

Dalam pisang terkandung  0,1 gram lemak baik. Lemak baik ini berfungsi untuk menurunkan  dan menjaga kadar kolestrol.

Bahkan, penelitian mengungkapkan jika kadar lemak baik dalam pisang bisa membantu mengontrol kadar insulin dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Namun sayang, kadar lemak baik ini hanya terkandung di pisang yang telah matang  atau pisang kuning saja. Sedangkan pisang hijau tidak mengandung lemak.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait