FOKUS

Pemerintah Bakal Siarkan Peringatan Dini Bencana Alam Lewat SMS

Tandaseru – Bencana alam yang terjadi di Indonesia membuat pemerintah mengantisipasi jatuhnya korban dalam peristiwa tersebut.

Saat ini pemerintah tengah berencana memberikan informasi terkait peringatan dini bencana akan disiarkan melalui televise dan radio.

Selain itu, peringatan dini juga akan disebarkan kepada masyarakat lewat SMS. Hal itu, karena pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendapatkan bantuan hibah dari Pemerintah Jepang.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ahmad M Ramli mengatakan alat yang diterima berupa Sistem diseminasi kebencanaan, seperti infrastruktur perangkat, aplikasi software sumber informasi bencana dan penyiapan SDM.

“Nanti bentuknya bisa SMS dan juga informasi via TV dan radio,” ujar Ramli.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bantuan tersebut masih dalam tahap implementasi dan pemenuhan proses administrasi dan implementasinya masih dibahas pada awal Desember.

“Saat ini masih dalam proses implementasi dan pihak Jepang juga dalam proses pemilihan pelaksananya di Jepang. Kami masih terus berdiskusi terkait hal-hal teknis yang diperlukan sesuai kondisi Indonesia,” tambahnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait