FOKUS

Peringatan HUT Bhayangkara ke-74 Dilakukan Secara Online, Jokowi Tekankan Antisipasi Karhutla hingga Penanganan Covid-19

JAKARTA (tandaseru) – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menyebut upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-74 pada Rabu (1/7) dilakukan secara online yang diikuti oleh 34 Polda dan 493 Polres diseluruh Indonesia.

“Diikuti oleh 34 Polda dan 493 Polres kemudian seluruh Lemdik-Lemdik dan Pusdik yang ada di Indonesia, baik SPN-SPN maupun Akpol, Secapa seluruhnya ikut,” kata Idham saat melaporkan ke Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (1/7).

Dalam kesempatan itu, Idham turut mengajak Jokowi untuk menyapa enam polres yang ikut serta dalam perayaan HUT Bhayangkara secara virtual itu.

Enam polres yang mendapat kesempatan untuk berbincang langsung dengan Jokowi yakni Polres Sabang, Polres Pulang Pisang, Polres Talaud, Polres Rotendao, Polres Merauke, dan Polres Gunung Kidul.

Kepada enam polres tersebut, Jokowi mengingatkan soal antisipasi potensi kebakaran hutan, penanganan Covid-19, hingga soal tren kriminalitas yang terjadi di daerah tersebut.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto kepada Jokowi menyampaikan bahwa sampai saat ini di wilayahnya belum terjadi bencana kebakaran. “Sampai saat ini zero kebakaran,” ujarnya.

Kemudian, Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiayawan melaporkan soal penanganan virus corona di wilayah. Agus memaparkan bahwa sejauh ini masih ada empat pasien yang menjalani perawatan di RSUD Wonosari.

“Dan alhamdulillah sudah banyak yang sembuh, untuk kerja sama dengan Pemda Gunungkidul kami melibatkan TNI, anggota Polri di lapangan bersama-sama mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19,” tuturnya.

Terakhir, Kapolres Merauke AKBP Ary Purwanto mengungkapkan sebanyak 16 pasien positif Covid-19 yang ada di wilayahnya telah dinyatakan sembuh. Dengan demikian, lanjutnya, di Merauke saat ini sudah tidak ada pasien Covid-19.

Ary juga melaporkan soal angka kriminalitas di Merauke yang mengalami penurunan selama kurun waktu tiga bulan terakhir.

“Dilaporkan bapak presiden untuk situasi Merauke aman terkendali, sebagai evaluasi tiga bulan terkahir selama masa pandemi kriminalitas menurun 30 persen,” tuturnya

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait