FOKUS

Perkap Ubah Warna Seragam Satpam Menjadi Cokelat: Ini Filosofinya

JAKARTA (tandaseru) – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengeluarkan peraturan Kapolri (Perkap) nomor 4 tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Dari Perkap itu, salah satunya adalah perubahan warna seragam sekutiti atau satpam.

Seragam satpam yang awalnya didominasi warna putih dan biru atau biru tua akan berganti menjadi warna cokelat yang hampir mirip dengan seragam institusi Polri.

“Dapat rekan-rekan ketahui bersama bahwa untuk filosofi pakaian seragam satpam yang warna cokelat muda atau baju dan cokelat tua untuk celana dengan cokelat identik dengan warna tanah atau bumi, kayu dan batu yang berarti warna alami,” kata Brigjen Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Awi Setiyono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (14/9).

Awi menerangkan perubahan warna seragam menjadi cokelat ini merupakan warna netral yang melambangkan kebersahajaan, pondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman serta rasa percaya keanggunan, ketabahan dan kejujuran

Selain itu, Awi tidak menampik jika seragam satpam yang saat ini sangat mirip dengan seragam pihak kepolisian. Dia menyebut ada beberapa tujuan dari warna seragam satpam yang mirip dengan polisi.

Berikut empat harapan Polri dalam warna seragam satpam yang mirip dengan polisi:

1. Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam.

2. Menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas.

3. Memuliakan profesi satpam.

4. Menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait