FOKUS

Pertama Kali Ada Suspect Covid-19, Korea Utara Lockdown Kota Kaesong

KAESONG (tandaseru) – Kali pertamanya pemerintah Korea Utara dilaporkan tengah mengunci wilayah atau lockdown kota Kaesong yang terletak di antara perbatasan dengan Korea Selatan, usai satu warganya terindikasi Covid-19.

Dilansir dari Associated Press, Minggu (26/7), keputusan lockdown itu diterapkan sejak Jumat lalu. Dilaporkan ada suspect yang terjadi oleh seorang warga Korut yang membelot ke Korea Selatan, namun kembali ke negaranya dengan menerobos perbatasan.

Berdasarkan kantor berita Korea Utara, KCNA, menyatakan usai melakukan pemeriksaan virus corona yang dilakukan dengan mengambil sample darah dan air liur, ternyata dia dinyatakan positif tertular.

Warga tersebut sempat ditempatkan di lokasi karantina yang berada di Kaesong. Dalam rapat Politbiro Partai Buruh Korut, Kim Jong-un menyinggung sistem penjagaan perbatasan.

Bahkan dia menilai para aparat penjaga perbatasan lengah, sehingga orang bisa menerobos dari wilayah Korea Selatan, ditambah terinfeksi Covid-19.

Hingga kini, Kim Jon-un dan sejumlah petinggi angkatan bersenjata Korea Utara telah mendengarkan hasil penyelidikan terkait unit penjaga perbatasan yang bertugas saat itu.

Bahkan mereka tengah membahas hukuman yang akan diberikan kepada para petugas yang berjaga.

Generasi Milenial.
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Banyak warga Korea Utara kabur ke Korea Selatan

Diketahui, selama 20 tahun terakhir ini lebih dari 33 ribu penduduk Korea Utara kabur ke Korea Selatan melalui wilayah Tiongkok.

Alasan mereka kabur, lantaran tidak tahan hidup sengsara dan melarat, serta tekanan politik yang begitu kuat.

Akan tetapi, sangat jarang ditemukan para pembelot Korea Utara mau kembali melalui wilayah perbatasan yang sangat dijaga ketat.

Sementara itu, kota Kaesong dihuni oleh sekitar 200 ribu penduduk yang letaknya berada di utara perbatasan dengan Korea Selatan.

Kaesong sempat menjadi kawasan industri gabungan Korut dan Korsel. Namun, kegiatan itu ditutup empat tahun lalu akibat Korut menggelar pengujian senjata nuklir.

Beberapa waktu lalu, Kim Jong-un sempat mengklaim bahwa selama pandemi Covid-19 terjadi negaranya bebas dari wabah mematikan itu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait