FOKUS

Pesawat Pengangkut Bansos ke Paniai, Papua, Tergelincir Keluar Landasan Saat Mendarat

JAYAPURA (tandaseru) – Satu unit pesawat berbadan kecil milik Tariku Aviation mengalami kecelakaan saat mendarat di Bandara Distrik Siriwo, Kabupaten Paniai, Papua, Sabtu (1/8) sekitar 11.45 WIT.

“Pesawat keluar landasan dan masuk ke semak-semak,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Pesawat Tariku Aviation PK-RBP, sambung Kabid Humas, berangkat dari Bandara Enarotali dengan tujuan Distrik Siriwo untuk membawa bansos 100 karung beras dan 100 paket gula, kopi, garam, minyak, dan bahan pangan lainnya. Rencananya, pesawat tersebut akan terbang dengan rute tersebut sebanyak dua kali.

“(Karena) trouble di Bandara Distrik Siriwo sehingga pesawat tidak bisa kembali ke Bandara Enarotali,” ujarnya.

Pilot Ramesi dan kopilot Edo yang membawa Pesawat Tariku Aviation PK-RBP telah dievakuasi ke Bandara Enarotali dengan menggunakan helikopter.

Dari keterangan Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, keduanya tidak mengalami luka cukup berarti dan kini tengah beristirahat di Guest House Bupati Paniai.

Kabupaten Paniai merupakan salah satu daerah yang berada di wilayah adat Mepago yang berada di gugusan Pegunungan Cartenz. Untuk menuju Paniai, telah ada akses jalan darat dari Kabupaten Nabire.

Namun, sebagian besar distrik di Paniai belum bisa dijangkau dengan moda transportasi darat dan hanya bisa dijangkau dengan pesawat berbadan kecil.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait