FOKUS

Petani hingga Tukang Bangunan Bobol Rekening 14 Nasabah Bank BTPN, Uang Rp2 Miliar Digasak

JAKARTA (tandaseru.id) – Polda Metro Jaya membongkar aksi pembobolan 14 rekening jenius Bank BTPN. Dalam hal ini sebanyak dua orang berinsial D dan O ditangkap pihak kepolisian.

“Pengungkapan kasus akses ilegal korbannya 14 nasabah bank yang merasa tidak pernah melakukan transaksi. Tapi isi rekeningnya dipindah ke para tersangka,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/10).

Selain dua orang itu, Yusri menyebut masih ada dua orang pelaku lainnya yang masih dalam pengejaran.

Yusri menambahkan, para pelaku yang ditangkap di daerah Sumatera ini rata-rata bekerja sebagai petani hingga kuli bangunan. Mereka belajar secara otodidak untuk melancarka aksi pembobolan sejak Juni 2021.

‘Pelaku ini kerjanya sebagai petani tapi punya keahlian. Jadi mereka serabutan bahkan ada yang tukang bangunan yang DPO ini,” terang Yusri.

Yusri membeberkan para pelaku beraksi dengan mengawali menelpon korban. Para pelaku mengaku sebagai karyawan dari BTPN Jenius. Jenius sendiri diketahui sebagai bank digital dari BTPN.

Korban yang telah terpengaruhi kemudian diminta data dirinya. Berbekal data tersebut pelaku kemudian melakukan pengurasan uang di rekening nasabah.

“Jadi dia dapat data ini masih kami dalami dulu dapat dari mana sehingga bisa telepon nasabah. Karena yang bersangkutan ini bisa tahu nomor nasabah BTPN,” terang Yusri.

Polisi kini masih mendalami nasabah lain yang diduga menjadi korban pelaku. Namun dari 14 nasabah yang telah menjadi korban, total kerugian ditaksir hingga miliaran rupiah.

“Dari 14 nasabah ini kerugian hingga Rp 2 miliar,” jelas Yusri.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com