FOKUS

PGN dan Aptrindo Kerjasama Penggunaan LNG Untuk 3.000 Truk

JAKARTA (tandaseru) – Puncak MUNAS ke-2 Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) yang digelar di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, pada Jumat (6/3) hasilkan kerjasama dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Direktur Strategi dan Pengembangan PGN Syahrial Mukhtar dan Ketua Umum DPP Aptrindo Gemilang Tarigan.

Dalam rangka memanfaatkan gas bumi di sektor transportasi, PT PGN Tbk siap menyuplai bahan bakar berbasis gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) untuk 3.000 truk logistik.

Melalui Direktur Strategi dan Pengembangan PGN, Syahrial Mukhtar mengatakan adanya kerjasama ini pihaknya ikut berupaya mensukseskan pemerintah terkait dengan penggunaan energi ramah lingkungan.

“Kita ingin mendukung kegiatan logistik yang lebih baik dan efisien sehingga memberikan banyak manfaat untuk pelaku-pelaku bisnis yang bisa beralih ke penggunaan energi baik, yaitu LNG,” Ujar Syahrial Mukhtar.

Untuk melaksanakan kerja sama ini, PT. PGN Tbk menunjuk anak usahanya yakni PT Gagas Energi Indonesia (GAGAS). Penggunaan Liquefied Natural Gas (LNG) juga jauh lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar diesel.

Adapun kerjasama kedua perusahaan ini memiliki jangka waktu selama 1 tahun. Dia berharap pemakaian LNG untuk truk logistik ini dapat berjalan pada pertengahan tahun 2020.

“Harapannya ditengah tahun sudah jalan. Kalau soal infrastruktur ini sudah siap sebetulnya, ada di Aceh, di Teluk Lamong bulan depan kita sudah siap beroperasi. Tinggal tunggu kesiapan dari truk itu sendiri,” tuturnya.

Dok/Foto: TD

Munas II Aptrindo

Gemilang Tarigan kembali terpilih menjadi Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) pada masa bakti 2020-2025.

Munas ini diikuti oleh 110 pemilik suara yang berasal dari 22 pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD), dimana setiap DPD memiliki 5 hak suara.

Memang selama ini Aptrindo selalu berusaha mengadakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mengeratkan hubungan dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

“Kalau di Aptrindo, Kami dengan DPD sering melakukan kegiatan-kegiatan di daerah. Saling berkolaborasi, sehingga kita selalu bergandengan. Jadi semuanya saling berinteraksi dan saling kerjasama menguntungkan,” ujar Gemilang Tarigan.

Dengan terpilihnya Ketua Aptrindo periode 2020-2025, Gemilang Tarigan juga menyinggung persoalan kendaraan Over Dimension dan Over Load (ODOL).

“Harapannya seluruh anggota Aptrindo ini selamat dalam program Over Dimension dan Over Load (ODOL), jangan sampai ada korban,” ujarnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait