FOKUS

PKB Optimistis Kabareskrim Baru Mampu Tuntaskan PR Polri yang Belum Usai

Tandaseru – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menunjuk Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kabareskrim Polri. Jabatan ini sebelumnya kosong selama hampir sebulan lebih. Penunjukan ini tertuang dalam telegram Nomor ST/32/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12).

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya sangat mengapresiasi pengangkatan Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim yang baru. ”PKB yakin dengan pengalamannya, beliau akan mampu menuntaskan pekerjaan atau masalah yang belum selesai di Bareskrim Polri,” ujarnya di Jakarta, Jumat (6/12).

Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan, saat ini masih cukup banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan Bareskrim Polri. Termasuk mengenai berbagai persoalan yang berbau SARA, termasuk isu-isu mengenai kriminalisasi ulama.

Sebelum diangkat menjadi Kabareskrim, Sigit menduduki posisi Kadiv Propam. Selanjutnya, Brigjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono akan menggantikan Irjen Sigit sebagai Kadiv Propam. Selain itu, telegram ini juga memuat mutasi Komjen Firli dari posisi Kabarhakam menjadi Analis Kebijakan Utama Barhakam Polri.

Sementara Firli akan segera dilantik menjadi Ketua KPK. Posisi Firli akan diisi oleh Irjen Pol Agus Andrianto yang saat ini menjabat Kapolda Sumatera Utara.

Sebelum menjabat Ajudan Presiden Jokowi, pada Mei 2013, Listyo bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait