FOKUS

Polda Jabar Gelar Kegiatan Binrohtal Agama Islam, Ini Pesan Keagaamannya

BANDUNG (tandaseru)- Polda Jabar menggelar kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) Agama Islam bertempat di Masjid Al-Amman Polda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung, Kamis (17/9).

Kegiatan Binrohtal diikuti secara virtual baik dari Masjid Al-Amman ataupun di masing-masing Satker jajaran Polda Jabar dengan menggunakan sistem aplikasi Zoom Meeting.

Hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat utama Polda Jabar, anggota Polri dan ASN Polda Jabar yang beragama Islam. Kegiatan diawali dengan pembacaan Alquran surat Yassin secara berjamaah, dan tausiyah.

Tausiyah disampaikan oleh KH. Muchtar Kholid dan MUI Kota Bandung dengan tema dua amal sholeh yang membuat seseorang selalu dalam lindungan Alloh SWT, yaitu Taqwa dan Sabar.

K.H. Muchtar Kholid mengatakan keseimbangan di antara keduanya adalah sebuah keniscayaan. Maka yang tampak setelah ikhtiar maksi mal adalah bentuk penyerahan dan pemasrahan pada Zat Yang menentukan, Allah ‘Azza wa Jalla, dengan cara membangun dan mengaransemen peribadatan dan amal saleh. Kumpulan dan harmoni ibadah dan amal shaleh adalah jabaran hak dari tawakal.

Seorang Muslim yang tawakal adalah yang menyerahkan kepada Allah SWT atas segala yang sudah dilakukannya. Tawakal tidak sama dengan pasrah. Tawakal adalah sebuah tindakan aktif, sementara pasrah adalah tindakan pasif.

Tawakal mensyaratkan adanya upaya kreatif dari pelakunya. Dalam Alquran, ada banyak ayat yang berbicara mengenai tawakal ini, setidaknya, ada 70 ayat.

Satu paket setelah ikhtiar dan tawakal adalah ikhlas. Menerima dan ridha serta rela atas setiap keputusan. Mengikhlas kan kejadian dan ketetapan berarti menyudahi ikhtiar dengan legawa. Apa pun yang telah Allah tetapkan pasti sebenarnya untuk kebaikan kita.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago mengatakan betapa pentingnya sabar. Sabar adalah kemampuan menunda kesenangan dan menjalani yang ada dengan penuh ketekunan, istiqamah. Kalau sudah Haq tujuannya, sabar adalah strateginya. Pasti, Allah menghendaki kita, untuk negeri yang kita cintai ini, mendapati kualitas kehidupan yang lebih baik dari apa yang telah ditetapkan dan ditakdirkan-Nya.

“Karena taqwa dan sabar merupakan amal sholeh membuat seseorang selalu dalam lindungan Allah SWT, “ucap Kabid Humas Polda Jabar.

“Ayo perkuat ikhtiar untuk menciptakan proses hajat lima tahunan ini lancar, tidak beriak, tidak kotor, dan bersih dari upaya-upaya kecurangan. Untuk hasil, serahkan kepada Allah dengan tawakal, ikhlas, dan sabar.” ujar K.H. Muchtar Kholid.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait