FOKUS

Polda Jatim Bongkar Jaringan Pembobol Kartu Kredit, 17 Orang Diringkus

Tandaseru – Jaringan pembobol kartu kredit yang biasa bergentayangan di wilayah Surabaya berhasil diringkus jajaran Subdit Siber Dit Reskrimsus Polda Jawa Timur.

Sebanyak 17 orang anggota jaringan itu ditangkap setelah polisi menangkap otak kejahatan tersebut bernama Hendra Kurniawan. “Korbanya rata-rata dari Eropa dan Amerika Serikat,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Rabu (4/12).

Belasan tersangka ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). “Mereka terbukti melakukan kejahatan dunia maya dan akan dijerat dengan UU ITE pasal 30, 40, 32 dan pasal 48,” jelas Kapolra.

Adapun mengenai keterlibatan warga asing, Irjen Luki mengatakan pihaknya akan terus melakukan pendalaman kasusnya. “Dari hasil pemeriksaan terhadap sejumlah tersangka ini, mereka sudah satu tahun melakukan aksi ini dengan hasil sekitar Rp 5 miliar,” ungkapnya.

Dalam menjalankan aksi, para tersangka memiliki peran masing-masing, mulai dari pengawasan, programmer, dan lainya. Mereka juga menyewa ruko di kawasan Jl Raya Balongsari Surabaya untuk dijadikan sebagai sarang kejahatan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait