FOKUS

Polda Jatim dan TNI Tegaskan Siap Amankan Pilkada di Tengah Pandemi

SURABAYA (tandaseru) – Pilkada serentak yang bakal digelar 9 Desember 2020 bakal digelar di tengah pandemi Covid-19. Kendati demikian, jajaran Polda dan TNI telah menguatkan komitmennya dalam membantu pengamanannya.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, menegaskan kesiapannya untuk mengamankan pesta demokrasi di 19 kabupaten dan kota di Jatim dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan

“Kami siap mewujudkan pilkada serentak tahun 2020 yang tertib, aman, damai, dan lancar di tengah pandemi Covid-19 di setiap tahapan pilkada. Pengamanan akan mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi protokol kesehatan,” kata Kapolda Jatim saat Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan Pilkada di Wilayah Provinsi Jawa Timur, Senin (19/10).

Ia menjelaskan, penerapan protokol kesehatan itu menjadi keharusan yang dijalankan. Hal itu, lanjut dia, guna mencegah munculnya kluster baru Covid-19 usai pelaksanaan pilkada.

Fadil menegaskan, seluruh anggota Polri, TNI, Pemda, penyelenggara dan pengawas pilkada, serta media perlu memperkuat sinergitas. “Dengan sinergitas dan koordinasi yang baik, maka tujuan bersama dalam mewujudkan pilkada serentak yang aman, tertib, lancar dan demokratis, serta bebas Covid-19 tentu bisa diwujudkan,” jelasnya.

Dalam Rakor tersebut, Pangkoarmada II, Laksda TNI I N.G. Sudihartawan juga menyatakan kesiapannya mendukung kebijakan yang diambil oleh pemerintah provinsi Jawa Timur. “Kami tentunya juga siap bersinergi bersama aparat TNI dan Polri dalam mendukung dan menjaga keamanan selama pelaksanaan Pilkada di wilayah Jatim,” ujarnya.

“Bantuan pengamanan ini sesuai arahan Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono terkait peran serta TNI AL dalam mendukung pelaksanaan Pilkada serentak 2020,” tegasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait