FOKUS

Polda Metro Tangkap 24 Pelaku Pungli ke Pengusaha Truk Kontainer di Tanjung Priok dengan Modus Asmoro

JAKARTA (tandaseru.id) – Polda Metro Jaya menangkap 24 karyawan perusahaan pungutan liar (pungli) terhadap para pengusaha truk kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebut 24 orang itu merupakan total pelaku dari empat perusahaan pengamanan dan pengawalan berbadan hukum.

“Ada empat kelompok yang bisa diungkap dengan modus operandi menarik pungli dari masyarakat, dari pengusaha truk dengan total tersangka ada 24 yaitu dari jasa pengamanan dan pengawasan,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadli Imran dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/6).

Fadil menyebut penangkapan kali ini berbeda penangkapan pelaku pungli sebelumnya. Para pelaku pungli yang ditangkap kali ini memiliki peran di atas para preman jalanan.

Mereka tergabung dalam empat kelompok atau sebuah perusahaan berbadan hukum. Perusahaan itu bergerak dalam bidang pengawasan dan pengamanan seolah-olah memberi pengamanan untuk para kendaraan truk.

“Secara umum digambarkan modus mereka pertama, mendirikan atau membentuk jasa pengamanan dan pengawasan baik dengan dan tanpa izin usaha dan tanpa memiliki sertifikasi pengamanan,” beber Fadil.

Cara kerja para pelaku dengan memungut pungli ke sopir maupun perusahaan dengan dalih akan memberi keamanan kepada mobil-mobil truk tersebut. Jika tidak membayar pungli, para preman suruhan dari perusahaan ini akan mengganggu truk-truk yang tidak membayar pungli.

“Untuk memuluskan aksinya, kelompok ini menyuruh preman yang disebut asmoro yang ada di jalan-jalan menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakut untuk melakukan tindakan kriminal seperti merampas hp, mencuri, bajing loncat, memeras modus jual Aqua dengan harga tinggi serta melakukan perusakan,” kata Fadil.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 368 KUHP terkait pemerasan. Para tersangka terancam hukuman di atas lima tahun penjara.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com