FOKUS

Polisi Benarkan Akbar Alamsyah Ditetapkan Tersangka Sebelum Meninggal Dunia

Tandaseru – Pihak kepolisian membenarkan jika demonstran aksi unjuk rasa di sekitar gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat yang meninggal dunia bernama Akbar Alamsyah pada Kamis (10/10) pernah ditetapkan menjadi tersangka.

“Semuanya kan bisa jadi tersangka,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (11/10).

Argo menjelaskan, Akbar ditetapkan sebagai tersangka kerusuhan saat aksi unjuk rasa di Kompleks Parlemen Senayan pada 25 Oktober 2019 lalu.

Berdasarkan keterangan saksi, Akbar ikut terlibat dalam penyerangan terhadap petugas dengan melempari dengan batu, botol plastik, dan bom molotov. Akbar juga turut merusak fasilitas publik saat aksi unjuk rasa.

“Perusuh yang kita tangkap, kita lakukan pemeriksaan, dan tentunya ada saksi yang diperiksa juga. (Ada saksi) yang menyatakan yang bersangkutan (Akbar Alamsyah) ikut melempari petugas, merusak (fasilitas umum),” ungkap Argo.

Sebelumnya, Fitri Rahmayani, kakak Akbar mengatakan, adiknya ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi pada 26 September 2019. Surat penetapan tersangka itu dikirim ke rumah neneknya di kawasan Kebayoran Lama pada 30 September.

“Kita dapat surat dari Polres Jakbar Akbar itu tersangka. Dari dugaan pengerusakan, penghasut, provokasi,” ujar Fitri.

Rosminah, ibunda Akbar sebelumnya bercerita bahwa dirinya pertama kali melihat Akbar di RS Polri. Saat itu, ia melihat keadaan anaknya yang sangat menyedihkan.

“Wajah dan matanya lebam. Kepalanya sudah diperban katanya abis operasi tulang kepalanya yang patah,” ucapnya.

“Emang seperti terkena benda tumpul di bagian kepala dan wajahnya itu seperti dipukuli karena mata kirinya lebam,” tambah dia.

Setelah beberapa hari dirawat di RS Polri Kramat Jati, Akbar dipindah ke RSPAD Gatot Soebroto untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Sebab alat dan perlengkapan di RSPAD lebih lengkap. Akhirnya, Akbar meninggal pada Kamis kemarin.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait