FOKUS

Polisi Gadungan di JLNT Kasablanka Ditangkap, Begini Modusnya

Tandaseru – Polsi gadungan Joseph Anugerah (20 tahun) yang melakukan pungutan liar (pungli) dengan modus berpura-pura menjadi anggota polisi lalu lintas (Polantas) akhirnya meringkuk di tahanan. Joseph mengantongi ratusan ribu rupiah dari aksinya terhadap pengendara di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kasablanca, Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menyebutkan Joseph yang menyamar sebagai Polantas sudah tiga kali melakukan aksi tersebut terhadap pengendara mobil yang melintas di JLNT Kasablanca.

“Yang bersangkutan (Joseph) menghentikan pengendara mobil yang keluar dari Apartemen Sahid dan langsung memotong masuk ke JLNT Kasablanka dan meminta uang suap,” kata Argo, Senin (16/7/2018).

Pelaku yang masih berstatus mahasiswa ini melakukan aksinya itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan mengenakan atribut Polri, Joseph telah mendapatkan uang pungli Rp520 ribu. “Dia mengaku mencari uang untuk kebutuhan sehari hari,” ujar Argo.

Dari aksi pemerasan yang dilakukan sejak Kamis (12/7/2018) itu, Joseph mendapatkan uang Rp170 ribu. Sehari setelahnya, tersangka mendapatkan uang Rp150 ribu dan Minggu (15/7/2018), Joseph kembali mengantongi uang pungli Rp200 ribu.

Atas perbuatannya itu, Joseph dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan terancam pidana maksimal 4 tahun penjara.

Joseph sebelumnya ditangkap tim CPR Ditlantas Polda Metro Jaya di kawasan JLNT Kasablanca pada Minggu (15/7/2018) karena dicurigai sebagai polisi gadungan. Saat dilakukan penangkapan, polisi juga menyita uang ratusan ribu rupiah yang diduga merupakan hasil pungli.

Kasus praktik pungli polisi gadungan itu juga viral di media sosial setelah akun Twitter resmi @TMCPoldaMetro mengunggah rekaman berdurasi 1 menit 25 detik tersebut.

Dalam rekaman itu, terlihat Joseph mengenakan rompi hijau stabilo lengkap dengan pangkat di bahu. Selain itu, Joseph menggunakan topi dan sepatu khas polisi.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com